• dinas pangan

Pedagang Hewan Kurban Keluhkan Sepi Pembeli

Suasana di pasar hewan di Jalan Pipa Air, Kelurahan Donggala Kodi, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu yang sepi pembeli. FOTO : istimewa.

ELSINDO, PALU – Beberapa pedagang yang menjual hewan kurban sapi maupun kambing yang berlokasi di Jalan Pipa Air, Kelurahan Donggala Kodi, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, sangat mengeluhkan sepinya pembeli. 

 

Min, salah satu pedagang mengaku bahwa untuk pendapatan yang diraup tahun ini merosot jauh dibanding sebelumnya. Sementara itu, harga sapi juga telah mengalami kenaikan yang signifikan.

 

“Harga jual sapi yang kita tawarkan kepada pembeli bervariasi dari Rp22 juta sampai dengan Rp23 juta per ekor. Apalagi pembeli hewan kurban juga sunyi yang datang sekarang di tempat ini,” ungkapnya, Selasa (27/6/2023).

 

Diakuinya, tahun lalu penjualan sapi kurban ramai pembeli yang bisa mencapai ratusan ekor. Namun demikian, lanjut dia, hal tersebut berbeda dengan lebaran Idul Adha tahun ini yang transaksinya dinilai tidak sesuai harapan. 

 

“Sudah hampir seminggu hanya dua sapi terjual. Mungkin masyarakat yang ingin berkurban sapi atau kambing pengahasilannya berkurang dan bisa saja menahan uangnya karena kondisi krisis ekonomi,” ujarnya. 

 

Sama halnya dikatakan, Saharudin yang juga pedagang kambing di Jalan Pipa Air, Kelurahan Donggala Kodi, Kecamatan Ulujadi. Ia mengaku sudah seminggu menjelang lebaran tidak ada pembeli yang datang ke pasar tersebut. 

 

“Sepi sekali pembeli tahun ini, harga kambing yang dijual naik mulai Rp3 hingga Rp6 jutaan per ekor. Jauh perbedaan, tahun kemarin saja bisa laku sampai 10 ekor kambing dan cukup lumayan pendapatan,” kata Saharudin. (**)