• dinas pangan
Kota  

Pejabat Pengawas Pemprov Sulteng Ikut Assessment Virtual “Smart Governance”

FOTO BERSAMA- Peserta Assessment Virtual “Smart Governance” foto bersama. FOTO: IST

ELSINDO, PALU- UPT Penilaian Kompetensi Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah berkolaborasi dengan Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom) ASN Badan Kepegawaian Negara RI melaksanakan Assessment Virtual “Smart Governance” bagi Pejabat Pengawas Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Assessment berlangsung selama tiga hari mulai Senin sampai Kamis, 6 – 9 Februari 2023 bertempat di SMK Negeri 3 Palu.

Assessment Virtual “Smart Governance” ini telah dibuka secara resmi melalui zoom meeting pada Kamis, 2 Februari 2023 oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Ma’mun Amir, didampingi Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN RI, Wakiran, S.H., M.H., Kepala BKD Pemprov Sulteng Asri, SH. dan Kepala UPT Penilaian Kompetensi Pegawai, Rachman Yape, S.Psi., M.Psi., Psikolog serta Suparlan, S.H., M.Si. Koordinator Tim Asesor BKN.

PEMBUKAAN- Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Ma’mun Amir, didampingi Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN RI, Wakiran, S.H., M.H., saat membuka Assessment Virtual “Smart Governance” pada Kamis, 2 Februari 2023. FOTO: TANGKAPAN LAYAR

Wagub menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah berkomitmen untuk menjalankan meritokrasi secara menyeluruh sesuai dengan amanat UU No. 5 Tahun 2014, yang mengamanatkan bahwa ASN yang menduduki Jabatan Pelaksana sampai dengan Jabatan Pimpinan Tinggi harus berdasarkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja.

“Sehingga untuk pemenuhan profil ASN tersebut Pemerintah Provinsi Sulawesi melaksanakan Assessment Virtual ‘Smart Governance’ dengan metode computer assisted competency test (CACT) yang difasilitasi oleh Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN RI,” jelasnya.

PESERTA PEMBUKAAN- Tampak jajaran UPT Penilaian Kompetensi Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan pejabat terkait saat mengikuti pembukaan Assessment Virtual “Smart Governance” pada Kamis, 2 Februari 2023. FOTO: IST

Lebih lanjut disampaikan bahwa pelaksanaan assessment virtual ini adalah yang kedua kalinya setelah November tahun lalu dilaksanakan untuk Jabatan Administrator.

“Saya berharap bahwa kegiatan virtual assessment ini menjadi kegiatan yang berkelanjutan never ending process, agar potret ASN lingkup Pemprov Sulteng selalu update dan dapat memberikan data yang akurat dan akuntabel dalam pengambilan kebijakan Manajemen ASN Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah,” ucap Wagub.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN RI menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yang concern dan komitmen dalam implementasi manajemen talenta dan terus berupaya melakukan talent mapping secara massive dalam berbagai tingkatan jabatan.

Ada tiga kompetensi yang diukur yakni kompetensi manajerial dan sosial kultural, literasi digital dan emerging skill yang hasilnya akan diinput di Sistem Informasi Apartur Sipil Negara (SIASN) BKN RI. Dikatakan bahwa sinergi dan kolaborasi yang terjaga selama ini antara Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN RI dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terus diperkuat dengan kerja sama dalam upaya pemenuhan data based talent untuk mengisi nine box manajemen talenta.

“Kami sebagai instansi pembina penyelenggara penilaian potensi kompetensi ASN berharap agar UPT Penilaian Kompetensi Pegawai BKD Provinsi Sulawesi Tengah terus menjaga kualitas penyelenggaraan penilaian kompetensinya agar akreditasi A yang dimiliki saat ini tetap dipertahankan,” tandas Wakiran.

PESERTA ASSESSMENT- Tampak pejabat pengawas BKD Provinsi Sulteng yang ikut jadi peserta Assessment Virtual “Smart Governance”. FOTO: IST

Pada assessment virtual jabatan pengawas ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pukul 08.00 s.d 12.30 WITA. Sedangkan sesi ke dua dari pukul 13.00 s.d 17.30 WITA selama empat hari. Total peserta 352 orang dengan kriteria umur 55 tahun ke bawah.

Sebagai informasi, Tim Assessment Virtual BKN RI “Smart Governance” yang hadir, Koordinator Tim, Suparlan, S.H., M.Si dengan anggota Tim yaitu Fickar Suryadinningrat, S.Psi, M.Si; Subali, S.Pd.M.A.;Adi Pamulyo, S.Kom., M.M., dan Abdullah Faqih, S.Kom. (*/CHL)