• dinas pangan

Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilu Serentak di Petasia Barat Berlangsung Aman

Pemungutan suara serentak
Altri Laeto

ELSINDO, MORUT– Pelaksanaan Pemungutan Suara Voting Day Pemilu serentak di Kecamatan Petasia Barat (Petpar), Morowali Utara (Morut) dilaporkan berlangsung aman dan terkendali. Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Petasia Barat, Altri Laeto saat, menyampaikan hal ini saat ditemui di kantor sekretariat di Desa Sampalowo, Rabu, 14 Februari 2024.

Menurut Altri, pengawasan hari itu berjalan lancar dengan kehadiran 11 personel dari Panwascam, 10 pengawas desa, dan 29 pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di masing-masing TPS. Dia menyampaikan harapannya bahwa semua berjalan dengan baik dan pemilih dapat memberikan suara mereka untuk kelangsungan demokrasi yang lebih baik.

Logistik untuk pemilu tersebut tiba di PPK Kecamatan Petasia Barat pada tanggal 12 Februari sekitar pukul 16.00 WITA dan didistribusikan ke seluruh desa pada tanggal 13 Februari. Total 145 kotak suara dikirimkan untuk 29 TPS.

Proses pengawasan, mulai dari pendistribusian kotak suara dari kabupaten hingga ke kecamatan dan desa, dilaporkan berjalan lancar tanpa kendala yang signifikan. Meskipun ada dua wilayah yang dianggap rawan, yaitu Desa Moleono Dusun Peilia dan Ululaa, namun proses transportasi air untuk daerah tersebut berjalan tanpa hambatan.

Masa tenang juga dilaporkan berjalan aman tanpa adanya aktivitas yang mencurigakan. Pada hari pemilihan, hingga pukul 13.26 WITA, pengawasan berlangsung dengan baik. Setiap desa di Petasia Barat melibatkan staf dan penanggung jawab pengawasan, dengan sedikit kendala teknis terkait pendampingan dari pihak KPU, PPK, dan PPS.

Kaset Panwascam Alkatib Panangi, SE, menyebutkan bahwa jumlah TPS di Kecamatan Petasia Barat adalah 29 TPS yang tersebar di 10 desa, dengan jumlah wajib pilih sebanyak 6443 orang. Saat ini, proses penghitungan suara dari kotak suara telah dilakukan.

Dengan demikian, pelaksanaan pemungutan suara di Petasia Barat, Morowali Utara, pada tanggal 14 Pebruari 2024, dapat disimpulkan berlangsung dengan baik dan terkendali.(**)