• dinas pangan

Pemerintah Kabupaten Sigi dan Banyuwangi Teken MoU Tingkatkan Efektivitas Pelayanan Publik

Pelayanan Publik
Bupati Sigi, Mohamad Irwan, dan Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding. FOTO: PROKOPIM KABUPATEN SIGI

ELSINDO, BANYUWANGIBupati Sigi, Mohamad Irwan, dan Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelayanan publik di kedua kabupaten.

Rombongan dari Kabupaten Sigi disambut hangat oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, menandai langkah awal dalam memperkuat kerjasama antara kedua daerah. Kehadiran Bupati Sigi bersama beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharapkan dapat memperkuat sinergi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Selain penandatanganan MoU, kegiatan ini juga bertujuan untuk melaksanakan pengembangan terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelayanan publik. Beberapa fokus utama meliputi:

1. Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Reformasi Birokrasi: Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan tugas pemerintah.

2. Perencanaan Penganggaran: Menciptakan pengelolaan anggaran yang efisien dan efektif guna mendukung program-program pembangunan daerah.

3. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik: Mempercepat akses dan pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi.

4. Pengelolaan Pariwisata: Mengembangkan sektor pariwisata sebagai salah satu potensi ekonomi daerah.

5. Program Smart Kampung: Mendorong transformasi digital di tingkat pedesaan guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Bupati Sigi menyampaikan harapannya bahwa kerjasama antara Kabupaten Sigi dan Kabupaten Banyuwangi akan memberikan manfaat besar bagi Kabupaten Sigi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan daerah.(**)