• dinas pangan
Utama  

Pemkab Banggai Didorong Jalin Kerjasama Investasi dan Pendidikan dengan Singapura

FOTO BERSAMA- Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO menghadiri pertemuan dengan Pemerintah Singapura, Kamis (9/3/23), bertempat di Gedung Kementerian Keuangan Singapura. FOTO: IST

ELSINDO, PALU- Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO menghadiri pertemuan dengan Pemerintah Singapura, Kamis (9/3/23), bertempat di Gedung Kementerian Keuangan Singapura.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan Capacity Building Republik Indonesia-Singapura (RISING) yang diikuti sejak Senin (6/3/23).

Pemerintah Singapura diwakili oleh Wakil Perdana Menteri, Lawrence Wong, mendorong pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai untuk menjalin kerjasama dengan investor Singapura.

Singapura juga berharap agar Pemkab Banggai terus menjalin komunikasi langsung dengan perusahaan-perusahaan asal Singapura.

“Kami menginginkan sebuah platform yang dapat menjembatani hubungan secara langsung antara Pemerintah Singapura dengan Pemkab Banggai,” kata dia.

Wakil Perdana Menteri Singapura kemudian meminta agar pertukaran pelajar dan kerja sama di bidang pendidikan dengan Pemkab Banggai, dan daerah-daerah lain di Indonesia dapat ditingkatkan.

“Pertukaran budaya pun juga menjadi andalan untuk saling mendekatkan antara Singapura dan Indonesia,” tambahnya.
Perubahan iklim, lanjut Lawrence, merupakan isu global yang memang belum seluruh negara mendalami bidang tersebut.

Adapun beberapa riset yang telah dilakukan, katanya, menyatakan tinggi air meningkat setiap tahunnya serta penggunaan air tanah yang mempercepat terjadinya penurunan tanah

Di akhir sambutannya di hadapan para kepala daerah yang hadir mewakili Indonesia, Lawrence mengingatkan bahwa ASEAN perlu bekerjasama untuk menyiapkan strategi mitigasi dari perubahan iklim.

“Penggunaan solar cell menjadi andalan juga di Singapura,” tandas Wakil Perdana Menteri Singapura. (*/CHL)