• dinas pangan

Penjualan Turun, Yamaha Banua Motor Optimis Bulan Ini Kembali Stabil

Dealer Yamaha CV Banua Motor Palu yang berlokasi di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kota Palu. FOTO : istimewa

ELSINDO, PALU – Selama dua bulan terakhir penjualan unit Yamaha mengalami penurunan, meskipun begitu Cv Banua Motor Palu selaku distributor Yamaha di Kota Palu tetap optimis pasar otomotif bulan ini akan kembali stabil. 

 

“Kondisi ekonomi memang sedang dilanda krisis, tapi itu tidak membuat kami patah semangat. Kami yakin dengan penjualan bakal stabil lagi,” kata Supervisior CV Banua Motor Palu, Ariel ditemui di dealernya, Rabu, 1 Maret 2023.

 

Dikatakan, untuk kenaikan penjualan unit akan terjadi pada April dan Mei mendatang. Pihaknya saat ini menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan pembiayaan yang membahas terkait dengan program.

 

“Itu menjadi salah satu cara kami untuk melakukan terobosan melalui program dalam hal peningkatan pasar. Di antaranya, kegiatan seperti pameran maupun mengadakan mobil outlet di seputaran pusat perbelanjaan,” ujarnya. 

 

“Kemungkinan tenaga pemasaran kami juga akan mengunjungi pasar tradisional di Kota Palu dan Kabupaten Sigi karena dua wilayah itu menjadi sasaran target penjualan unit Yamaha Cv Banua Motor,” ujarnya menambahkan. 

 

Ariel menyebut bahwa aktivitas pemasaran masih terus berjalan sesuai harapan yang diinginkan pihak manajemen. Selain itu, ia mengaku pasar otomotif saat ini sedang mengalami penurunan selama dua bulan terakhir. 

 

“Bukan Yamaha Cv Banua Motor Palu saja yang seperti ini. Tetapi kompetitor lain juga mengalami hal yang sama terjadi penurunan penjualan. Bulan Februari lalu kita hanya bisa tutup di angka sekitar 50 unit,” ungkapnya. 

 

Padahal, lanjut dia, untuk target penjualan setiap bulan pihaknya harus bisa memasarkan kendaraan bermotor  sebanyak 80 unit. Ia menyebutkan kondisi tersebut dipengaruhi terjadinya resesi global. 

 

“Apalagi ditambah dengan memasuki tahun ajaran baru, jadi masyarakat atau konsumen masih menahan pembelian dan pasti menyimpan keuangan mereka dalam menghadapi bulan puasa hingga lebaran nanti,” tuturnya. (TIM)