• dinas pangan

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan dan Irigasi Gumbasa Kabupaten Sigi

PERESMIAN- Presiden RI Joko Widodo didampingi pejabat terkait meresmikan Bendungan dan Daerah Irigasi (DI) Gumbasa Kabupaten Sigi, Rabu, (27/3/2024). FOTO: IST

ELSINDO, SIGI- Hari Kedua kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Tengah, Presiden RI Joko Widodo meresmikan Bendungan dan Daerah Irigasi (DI) Gumbasa Kabupaten Sigi, Rabu, (27/3/2024).

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Dalam sambutanya, Presiden Jokowi menuturkan, dalam rangka mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan, pemerintah telah melaksanakan pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur irigasi diseluruh tanah air, termasuk daerah irigasi Gumbasa, Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah.

“Perlunya melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi jaringan irigasi untuk memastikan ketersediaan air bagi petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian”, kata Presiden RI Joko Widodo mengawali sambutannya

Menurutnya, rehabilitasi daerah Irigasi Gumbasa telah dimulai sejak 2016, melewati perjalanan panjang kemudian terjadi bencana 2018 dan akhirnya tahun 2024 selesai.

Pembangunan tersebut menggelontorkan dana sebesar Rp 1,25 triliun, dengan rincian ; 1 (satu) bendungan, dekontruksi 35 kilometer saluran primer, 52 kilometer saluran sekunder, 119 kilometer saluran tersier, 82 kilometer saluran pembuangan.

“Hal tersebut akan mengoptimalkan daerah layanan seluas 8.180 Ha lokasi persawahan dan meningkatkan indeks pertanian dari semula 149 persen menjadi 300 persen”, terang Jokowi

Untuk itu, ia berharap, daerah irigasi Gumbasa dapat meningkatkan produktivitas pertanian, mendukung keamanan dan ketahanan kedaulatan pangan serta meningkatkan kesejahteraan petani.

Peresmian daerah irigasi Gumbasa tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan Prasasti oleh Presiden RI Joko Widodo.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meresmikan Pelabuhan Wani, Pelabuhan Gonenggati Banawa di Kabupaten Donggala dan Pelabuhan Pantoloan di Kota Palu. Kemudian, Jokowi juga meninjau langsung panen raya di Desa Pandere. (*)