• dinas pangan

Progres Pembangunan Gedung Perawatan VIP/VVIP RSUD Kolonodale Mencapai 85%, Target Penyelesaian Maret 2024

RSUD Kolonodale
Pembangunan Gedung Perawatan VIP/VVIP di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kolonodale, Kabupaten Morowali Utara, telah mencapai progres 85%. FOTO: FB MEDIA CENTER DELIS & DJIRA

ELSINDO, MORUT– Pembangunan Gedung Perawatan VIP/VVIP di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kolonodale, Kabupaten Morowali Utara, telah mencapai progres 85%. Sejumlah ruangan sudah dilengkapi dengan instalasi oksigen, hydrant, AC, tangga manual, dan lift, menjadikannya setara dengan ruang perawatan berkelas VIP/VVIP.

Gedung tiga tingkat ini terdiri dari 31 kamar, dengan 28 kamar VIP dan 3 kamar VVIP. Pekerjaan ini diharapkan selesai pada pertengahan Maret 2024, sesuai dengan perjanjian kontrak.

Delfia Parenta, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Gedung, menyatakan keyakinannya setelah memantau langsung progres pada Jumat (2/2/2024). Delfia menegaskan bahwa pembangunan hampir mencapai 85%, dengan 90% material sudah tersedia di lokasi.

Pekerjaan mendapatkan perpanjangan waktu 75 hari berdasarkan adendum, yang membuat target penyelesaian pada 15 Maret 2024. Denda sebesar Rp 26 juta/hari akan dikenakan jika kontraktor tidak memenuhi tenggat waktu tersebut.

Delfia berharap gedung perawatan dapat diresmikan pada 30 April 2024, bersamaan dengan tiga tahun pemerintahan Bupati Delis Julkarson Hehi dan Wakil Bupati H. Djira K.

Gedung ini menjadi yang pertama di Morut yang menggunakan lift listrik, sementara bangunan depannya dilengkapi dengan ornamen suku Mori. Pemutusan kontrak sebelumnya disebabkan kontraktor tidak dapat menyelesaikan pekerjaan, dengan risiko kehilangan uang jaminan pelaksanaan pekerjaan sebesar Rp 1,8 miliar.

Delfia, yang menggantikan PPK sebelumnya, Ronald Lagombi, ST, menyampaikan bahwa proyek ini dibiayai oleh dana PEN (Program Pemulihan Ekonomi Nasional) senilai Rp 36 miliar.(**)