• dinas pangan
Kota  

PWI Sulteng Berbagi, Sasar Kaum Dhuafa

ELSINDO, PALU – Bertajuk “Ramadan Berkah”, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tengah, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Sulteng, dan PWI Peduli, berbagi parcel kepada puluhan penerima manfaat keluarga kaum dhuafa di Kota Palu, Sabtu (15/4/2023).

Sebelumnya, tim PWI Peduli telah melakukan survei untuk menentukan sasaran penerima manfaat yang memang benar-benar membutuhkan uluran tangan menjelang perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Program itu juga berkolaborasi dengan sjumlah pihak antara lain; Pegadaian Syriah, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulteng, Astra Agro Lestari, Komunitas Tangan di Atas (TDA) Perempuan Palu, Airah Cookies, dan Baruga.

Ketua PWI Sulteng, Tri Putra Toana, dalam beberapa kesempatan menekankan harus memiliki kepakaan sosial. PWI Sulteng harus bisa dirasakan kehadirannya oleh masyarakat, diluar tugas dan fungsinya sebagai asosiasi pers.

Menurutnya, banyak program dapat diejawentahkan menjadi aksi, menyasar masyarakat kurang mampu yang bisa dikolaborasikan dengan lembaga, perusahaan, dan stakeholder lainnya. PWI, kata dia, sangat terbuka dengan kolaborasi tersebut dan memastikan penyaluran program sosial tersalurkan tepat sasaran seperti pada program Ramadhan Berkah kali ini.

“PWI punya PWI Peduli yang siap mengakomodir kegiatan bakti sosial, kegiatan yang memiliki asas kebermanfaatan bagi masyarakat yang memang membutuhkan. Seperti pada kegiatan itu, kami melakukan survei secara langsung, agar tim melihat bagaimana kondisi penerima manfaat, sebelum dinyatakan layak menerima. Jadi tepat sasaran,” kata Tri Putra, yang akrab disapa Ongki ini.

Tak sampai disitu, lanjut Ongky, dari data survey penerima manfaat itu, PWI Sulteng juga bisa menindaklanjuti program lanjutan, sehingga keluarga-keluarga tersebut mendapatkan bantuan lain, bahkan tersentuh langsung oleh program pemerintah lewat perpanjangan tangan PWI Sulteng.

“Data yang dihimpun bisa bermanfaat untuk program lanjutan. Sehingga dapat diintervensi dengan program lainnya,” katanya.

Senada, Ketua IKWI Sulteng, Maya Malania Noor, memastikan kalau kegiatan kemanusiaan seperti ini bakal terus berkesinambungan sehingga kehadiran organisasi dapat dirasakan masyarakat. “Dan kami akan menyasar mereka-mereka yang masih termarjinalkan,” katanya.

Selanjutnya, Ketua PWI Peduli, Syahrul tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada mitra yang telah berkolaborasi menjadi mendukung program sosial PWI Peduli itu. Ia berharap, sinergi dapat terus berlanjut agar program-program sosial korporasi, lembaga pemerintah, dan lintas sektor lainnya mendapatkan peruntukannya secara tepat sasaran.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada mitra pada kegiatan ini. Kami telah memastikan semua bingkisa telah tersalurkan kepada penerima manfaat, semoga ini memberikan senyuman kebahagiaan saudara-saudara kita di hari raya tahun ini,” katanya.

Pemimpin Cabang Pegadaian Syariah Palu Plaza, Al Ichwan M, mengatakan, Pegadaian pada Ramadan kali ini memiliki program yang sama dengan misi PWI sehingga kolaborasi dapat terwujud.

“Kami punya program yang linear dengan PWI yakni penyaluran bantuan dana kebajikan umat. Kolaborasi ini sangat baik dan kami bersyukur penyalurannya bisa tepat sasaran, menyasar kalangan masyarakat yang sangat membutuhkan,” kata Ichwan. (*/CHL)