• dinas pangan

Rencana Diresmikan Presiden, Pelabuhan Donggala dapat Tampung Ribuan Penumpang

Pelabuhan
Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, bersama pejabat Pemprov Sulteng dan Kadishub Donggala, Happy Handayani Noor, saat meninjau kesiapan pelabuhan donggala, baru-baru ini. (FOTO: ISTIMEWA)

ELSINDO, DONGGALA- Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Donggala, Happy Handayani Noor mengungkapkan, Pelabuhan Donggala rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

“Untuk kesiapan pelabuhan yang ada di Wani itu, sesuai kunjungan kami bersama pak Gubernur Sulteng dan Pj Bupati Donggala, alhamdulillah sudah 100 persen, sementara Pelabuhan Penumpang tepatnya di Kobonga Kecil, Kecamatan Bawana, sudah mencapai 90 persen dengan pembenahan terakhir yang fokus pada gedung di terminal pelabuhan,” jelas Happy, di ruang kerjanya, Kamis, 21 Maret 2024.

Menurutnya, kedua pelabuhan tersebur, telah memenuhi standar dan kesiapan yang diperlukan. Namun pelabuhan yang di fokuskan saat ini ada pelabuhan penumpang.

“Di pelabuhan penumpang Donggala ini, memiliki kapasitas penampungan penumpang cukup besar, sebab bisa sandar tiga kapal sekaligus, jadi kalau setiap kapal itu jumlah penumpangnya kurang lebih 2.000 orang, maka kurang lebih 6.000 penumpang, jika tiga kapal secara bersamaan sandar di pelabuhan tersebut,” katanya.

Kata dia, pembangunan dan peresmian kedua pelabuhan ini diharapkan akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan konektivitas transportasi di Kabupaten Donggala. Selain memudahkan akses transportasi bagi masyarakat, pelabuhan-pelabuhan ini juga diharapkan, dapat meningkatkan aktivitas perdagangan dan pariwisata di wilayah kabupaten Donggala.

“Mengenai kesiapan pak Presiden meresmikan Pelabuhan Donggala ini, biasanya itu masih akan di rapatkan dulu di tingkat provinsi, terkait jadwal pak Presiden kunjungan ke Sulteng, semoga pak Presiden bersedia langsung meresmikan Pelabuhan Donggala ini,” ucapnya. (del)