• dinas pangan

Sambut Idul Fitri, Dinas Ketapang Donggala Adakan GPM

Mohamad Fahri (FOTO:NETIZ.ID)

ELSINDO, DONGGALA– Pemerintah Kabupaten Donggala melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang), akan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM). Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Rencananya GPM tersebut akan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Kelurahan Kabonga Kecil, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, pada Senin, 1 April 2024.

Kepala Dinas Ketapang Donggala, Mohammad Fahri mengatakan, kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, bersama Menteri Indonesia Maju melalui Video Zoom yang diikuti oleh 58 gubernur dan 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Menurut Fahri, gerakan tersebut merupakan upaya konkret Pemerintah Kabupaten Donggala dalam menangani isu-isu krusial seperti stunting dan inflasi di wilayah Kabupaten Donggala, serta dalam rangka Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) menjelang Idul Fitri.

“Dinas Ketapang Kabupaten Donggala, telah diberi mandat khusus untuk memperhatikan penurunan angka stunting serta menjaga agar tingkat inflasi tetap terkendali,” ujar Fahri, Sabtu, 30 Maret 2024.

Fahri mengatakan, kegiatan GPM ini akan diadakan di beberapa kecamatan, termasuk di kecamatan Banawa Tengah, Banawa Selatan, serta beberapa kecamatan di sepanjang Pantai Barat seperti Kecamatan Tanantovea, Labuan Sindue bersaudara, hingga Sojol Utara.

“Mengingat waktu yang mepet menjelang Idul Fitri, kemungkinan kegiatan di daerah lain akan diadakan setelah lebaran,” ungkapnya.

Kata Fahri, GPM ini merupakan langkah strategis untuk menjaga kecukupan pangan bagi masyarakat, terutama dalam menghadapi momen penting seperti Idul Fitri.

“Kami berharap dengan kegiatan Gerakan Pangan Murah ini, dapat memberikan manfaat nyata bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Donggala,” pungkasnya. (*/del)