• dinas pangan

Sebanyak 176 Panwaslu Desa di Sigi Dilantik

Pelantikan anggota Panwaslu Desa di Kecamatan Marawola Barat. FOTO: IST

ELSINDO, SIGI– Sebanyak 176 anggota panitia pengawas pemilu (Panwaslu) kelurahan/desa atau PKD pada 15 Kecamatan di Kabupaten Sigi telah dilantik. Pelantikan digelar dimasing-masing kecamatan oleh Panwascam.

“Pelantikan dilakukan oleh Panwascam, serentak di 15 kecamatan. Di setiap desa sesuai UU jumlahnya 1 orang,” ujar Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Sigi, Dewi Tisnawaty, Selasa, 7 Februari 2023.

Dewi Tisnawaty menambahkan, mereka yang telah dilantik langsung mengikuti bimbingan teknis (bimtek) dengan tujuan untuk memberikan pembekalan bagi anggota panwaslu desa dalam menjalankan tugasnya mengawasi tahapan Pemilu 2024.

“Setiap kecamatan yang melakukan pelantikan juga sekaligus melakukan Bimtek kepada PKD,” katanya.

Tugas PKD sendiri yakni mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024, mulai Pemilu anggota DPRD provinsi dan kabupaten, Pemilu Anggota DPR RI, DPD, hingga Pemilu Presiden/Wakil Presiden.

Ia menekankan bahwa Panwaslu desa juga harus netral dan bekerja penuh integritas serta profesional agar tercipta pemilu yang berkualitas, demokratis dan berintegritas.

“Panwaslu desa yang telah dilantik agar bekerja sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku,” tutupnya.(**)

Pelantikan Panwaslu Desa di Kecamatan Pipikoro. FOTO: IST