• dinas pangan

SMPN 1 Palu Tingkatkan Prestasi Siswa Lewat Pemikat

ELSINDO, PALU- Pengembangan Minat dan Bakat (Pemikat), salah satu program SMP Negeri 1 Palu, untuk menjaring minat dan melatih bakat siswa, sehingga menghasilkan prestasi terbaik.

Kepala SMP Negeri 1 Palu, Yusri mengatakan, program Pemikat dilaksanakan pada waktu pagi hari, disetiap hari Selasa dan Kamis.

“Siswa diberikan kesempatan untuk berkreasi dalam mengembangkan bakatnya, lewat pegelaran seni seperti teater atau lainya,” jelas Yusri, di Palu, belum lama ini.

Yusri mengaku, program ini sangat disambut antusias oleh siswa, karena mereka langsung praktik.

“Contohnya seperti mengajak sesama mereka jangan membully, itu akan tersampaikan lewat program Pemikat tersebut. Jadi bukan lagi kita guru selalu mengimbau lewat apel pagi, tetapi lewat siswa itu sendiri langsung praktik ketika mengembangkan bakatanya,” ujarnya.

Selain itu, kata Yusri, program pemikat ini bukan hanya sebagai wadah untuk penyaluran minat dan bakat peserta didik, tetapi menjaga kebersamaan, rasa kekeluargaan, serta toleransi.

“Kami ingin para siswa menyampaikan bakatnya bukan karwna terpaksa. Tetapi kamk ingin mereka menjiwai apa yang mereka tekuni dalam mengembangkan bakatnya, lewat program Pemikat inilah akan lahir prestasi unggul, yang dapat membanggakan sekolah,” jelasnya.

Yusri berharap, kepercayaan diri peserta didik, dalam mengembangkan minat dan bakatnya, berdampak pada peningkatan prestasi.

“Masih banyak program menarik, yang akan kami lakukan di tahun 2023, yang jelas peningkatan prestasi siswa itu akan terus didorong,” ungkapnya.

Untuk itu, Yusri berharap, dukungan para orang tua dalam menyukseskan program Pemikat. Semua ini akan berjalan lancara apabila semua warga sekolah baik itu guru, orang tua dan siswa, selalu bekerjasama untuk mendukung progra m sekolah. (AH/*)