• dinas pangan

UIN Datokarama-Kemenag Sinergi Optimalkan Program BIB

Universitas Islam Negeri Datokarama bersinergi dengan Kementerian Agama mengoptimalkan program Beasiswa Indonesia Bangkit. FOTO: IST

ELSINDO, PALU- Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama bersinergi dengan Kementerian Agama (Kemenag) mengoptimalkan program Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) bagi komponen civitas akademika perguruan tinggi Islam negeri tersebut.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UIN Datokarama Doktor Kiai Haji Faisal Attamimi mengemukakan bahwa sinergi penting dilakukan, agar program BIB dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Sulteng, dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Program BIB ini dapat diakses untuk jenjang S1, S2 dan S3,” ujarnya, Jumat, 22 Desember 2023.

Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB)  merupakan skema beasiswa prestisius kolaborasi antara Kementerian Agama dan LPDP Kementerian Keuangan  Republik Indonesia untuk masyarakat Indonesia yang ingin mengembangakan karier, pengalaman, dan jaringan kampus di dalam dan luar negeri.

Melalui program gelar (degree program) maupun program non-gelar (non-degree program), Beasiswa Indonesia Bangkit berkomitmen untuk menyiapkan pemimpin, pendidik, dan profesional masa depan serta mendorong inovasi demi terwujudnya Indonesia yang rukun dan harmonis. 

UIN Datokarama sebagai perguruan tinggi Islam negeri di bawah naungan Kementerian Agama menjadi satu penerima manfaat dari program BIB.

Program BIB tersebut, mayarakat generasi muda alumni madrasyah dan pondok pesantren di bawah naungan Kemenag dapat menempuh pendidikan jenjang S1 dengan biaya BIB. Begitu pula, masyarakat alumni STAIN, IAIN dan UIN dapat menempuh jenjang pendidikan S2 dan S3 di UIN Datokarama.

Berdasarkan data pengelola BIB UIN Datokarama bahwa pada tahun akademik 2022/2023 terdapat delapan orang penerima manfaat program BIB untuk jenjang strata satu UIN Datokarama.

Sementara tahun akademik 2023/2024 terdapat satu orang jejang S1 dan dua orang jejang S2 sebagai penerima manfaat.

UIN Datokarama bersama Tim PMU BIB Kementerian Agama saat ini sedang melaksanakan monitoring dan evaluasi realisasi program BIB di lingkungan perguruan tinggi negeri tersebut.

Tim PMU BIB Kemenag sebanyak dua orang yaitu Birul Alim dan Siti Nur Fariha.

“Tim telah bertemu dengan kami, di sambut oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan Doktor Hamlan,” ungkap Faisal.(**)