• dinas pangan

Vaksin Booster Kedua Dimulai untuk Lansia

I Komang Adi Sujendra / FOTO:IST

ELSINDO, PALU- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, I Komang Adi Sujendra mengatakan, vaksinasi dosis booster kedua untuk lansia saat ini telah dimulai.

Kata dia, sesuai surat edaran dari pemerintah pusat, bahwa vaksin booster kedua untuk lansia secara nasional sudah dimulai.

“Vaksin booster kedua sudah lama dilakukan tetapi masih untuk tenaga kesehatan, namun kali ini sudah untuk masyarakat umum tetapi masih lansia,” kata I Komang, di Palu, belum lama ini.

I Komang mengatakan, pada prinsipnya vaksinasi booster kedua itu prioritas pertama tenaga kesehatan, kemudian sudah keluar lagi instruksi untuk lansia yang sekarang ini sudah dilakukan.

“Vaksin booster kedua yang digunakan tentunya vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan persetujuan pengunaan kondisi darurat dari Badan POM, serta memperhatikan vaksin yang ada,” jelasnya.

I Komang mengatakan, vaksin booster kedua itu diberikan dengan interval enam bulan sejak vaksinasi booster pertama diberikan.

“Vaksinasi booster kedua ini dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan atau di pos pelayanan vaksin,” ujarnya.

I Komang berharap, para lansia di Kabupaten dan Kota di Sulteng, agar melakukan vaksinasi booster kedua ini. Sebab lansia ini begitu rentan terkena dari pada virus Covid-19.

“Status pandemi Covid-19 saat ini belum dicabut, artinya bahwa masyarakat harus patuh terhadap aturan-aturan yang ditetapkan oleh pemerintah, seperti penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi,” katanya.

Kata I Komang, vaksinasi ini begitu penting dalam hal menjaga kekebalan tubuh dari virus Covid-19. “Alhamdulillah juga angka kasus Covid-19 di Sulteng makin hari, sudah mulai menurun, tetapi masyarakat yang terpapar masih ada, dan kebayakan itu isolasi mandiri,” ujarnya.

I Komang mengimbau, masyarakat tetap menjaga prokes dengan menerapkan pola hidup besih dan sehat, seperti jika ditempat tertutup mengunakan masker.

“Saya kira masyarakat sudah paham prokes tersebut. Jadi mari kita melakukan vaksinasi baik pertama hingga booster kedua ini khususnya bagi para lansia,” pungkasnya. (*/AH)