banggai
  • dinas pangan

Wabup Sigi ajak Seluruh Pihak Menjaga Pertanian Berkelanjutan

Wabup Samuel Yansen Pongi, memimpin rapat strategis yang menyoroti masalah penanaman sawit di Kabupaten Sigi. FOTO: PROKOPIM KABUPATEN SIGI

ELSINDO, SIGI– Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Yansen Pongi, memimpin rapat strategis yang menyoroti masalah penanaman sawit di Kabupaten Sigi, Rabu, 10 Januari 2024.

Rapat tersebut bertujuan mengatasi dampak negatif dari penanaman sawit terhadap tanah pertanian dan infrastruktur jalan.

Samuel menekankan urgensi perlindungan lingkungan dan keberlanjutan pertanian.

“Kami prihatin dengan dampak penanaman sawit yang mengganggu produktivitas pertanian dan merugikan masyarakat sekitar. Langkah tepat harus segera diambil,” ujarnya.

Ia menegaskan perlunya kerjasama lintas sektor dalam menangani masalah ini.

“Kami mengajak seluruh pihak, termasuk TNI dan Polri. Dengan menjaga lingkungan dan tanah pertanian, kita jamin keberlanjutan pertanian dan kesejahteraan masyarakat,” tambah Samuel.

Rapat ini diharapkan dapat merumuskan solusi konkret terkait penanganan penanaman sawit di Kabupaten Sigi. Dengan kerjasama semua pihak, diharapkan masalah ini bisa diatasi dengan baik demi keberlanjutan pertanian dan lingkungan yang sehat.

Turut hadir dalam rapat ini sejumlah pejabat penting, antara lain Kepala Bidang Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sigi, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sigi, Danramil 1306/02 Biromaru, Kasat Reskrim Polres Sigi, Camat Dolo Selatan, Camat Nokilalaki, Camat Kulawi, serta Seluruh Satgas Penanganan Tanaman Sawit Dinas Pertanian Kabupaten Sigi.(*/ton)