• dinas pangan
Daerah  

Wakil Bupati Harapkan Kontribusi Umat Hindu Tolitoli

FOTO BERSAMA- Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan foto bersama kontingen Lomba Utsawa Dharma Gita, Sabtu, 15/07/2023. FOTO: IST

ELSINDO, TOLITOLI- Kontingen Lomba Utsawa Dharma Gita Kabupaten Tolitoli yang akan mengikuti lomba Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Morowali Utara, dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan. Pelepasan bertempat di Pura Padma Eka Buana Sari Desa Tinading Kecamatan Lampasio, Sabtu, 15/07/2023.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Tolitoli Nyoman Mertade, SE., M.Si. dalam laporannya menyampaikan Lomba Utsawa Dharma Gita ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia secara berjenjang mulai dari Tingkat Kabupaten, Tingkat Provinsi hingga Tingkat Nasional setiap tiga tahun sekali.

“Untuk tahun ini kontingen Kabupaten Tolitoli berjumlah 50 orang terdiri dari 18 orang pendamping/official dan 32 orang peserta yang akan berlomba pada 18 kategori lomba dari 32 cabang yang dilombakan. Lomba UDG akan berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 17 s/d 19 Juli 2023,” jelasnya.

Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan dalam sambutannya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh peserta Lomba Utsawa Dharma Gita, pelatih dan official yang akan mewakili seluruh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tolitoli.

Lomba Utsawa Dharma Gita atau lomba membaca Kitab Hindu melalui nyanyian suci keagamaan dinilai dapat dijadikan sebagai ajang untuk lebih meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai ajaran agama Hindu dalam membentuk akhlak dan moral yang mulia sehingga toleransi antar umat beragama di Kabupaten Tolitoli tetap selalu terpelihara dengan baik.

“Saya berharap agar seluruh umat Hindu di Kabupaten Tolitoli dapat terus berkontribusi mendukung semua program-program pemerintah membangun daerah dalam bingkai semangat ‘gotong Royong’ serta terus bersama merawat kebangsaan dengan terus menjaga dan memelihara toleransi antar umat beragama di daerah tercinta ini,” ujar Wabup.

“Saya juga berharap agar seluruh peserta lomba dapat berusaha semaksimal mungkin untuk meraih prestasi dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas sehingga nama baik daerah kita tetap terjaga dengan baik,” tambah Moh. Besar.

Acara pelepasan peserta Lomba Utsawa Dharma Gita turut disaksikan oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli (diwakili), Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Tolitoli, Camat Lampasio bersama Forkopimca, Kabag Kesra Setdakab (diwakili), Kepala Desa Tinading, Kepala Desa Sibea, para Ketua PHDI Desa se-Kecamatan Lampasio serta tamu undangan lainnya. (*/CHL)