• dinas pangan

45 Anggota Panwascam Dilantik, Diminta Langsung Lakukan Pengawasan

Panwascam
Ketua Bawaslu Sigi, Hairil

strong>ELSINDO, SIGI- Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Sigi diminta untuk aktif melakukan pengawasan pada seluruh tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati yang akan berlangsung pada tahun 2024. Pengawasan ini juga mencakup tahapan untuk calon perseorangan. Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sigi, Hairil, pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota Panwascam se-Kabupaten Sigi, Jumat, 24 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Hairil menekankan agar Panwascam langsung melakukan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2034 seerta menjaga integritas dan kelancaran proses pemilihan. “Kami berharap Panwascam langsung melaksanakan tugas pengawasan dengan penuh tanggung jawab, mulai dari verifikasi administrasi hingga verifikasi faktual, terutama terhadap calon perseorangan,” ujar Hairil.

Sebanyak 45 anggota Panwascam yang berasal dari 15 kecamatan di Kabupaten Sigi dilantik. Para anggota Panwascam ini diharapkan dapat segera melakukan kerja-kerja pengawasan di wilayah masing-masing guna memastikan tahapan pemilihan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Hairil menyampaikan bahwa saat ini KPU Sigi sedang melakukan verifikasi administrasi terhadap calon perseorangan. “Kami meminta Panwascam untuk turut mengawasi proses verifikasi administrasi hingga faktual agar berjalan transparan dan akuntabel,” kata Hairil.

Lebih lanjut, Hairil menambahkan bahwa setelah pelantikan, Panwascam diharapkan segera melakukan musyawarah mufakat untuk menentukan ketua di masing-masing kecamatan.

“Musyawarah mufakat penting dilakukan agar Panwascam dapat bekerja secara kolektif dan efektif dalam melaksanakan tugas pengawasan,” imbuhnya.

Dengan dilantiknya anggota Panwascam, diharapkan pengawasan terhadap tahapan pemilihan di Kabupaten Sigi dapat berjalan optimal. Semua pihak, mulai dari penyelenggara pemilu hingga pengawas, diharapkan dapat bekerja sama untuk menyukseskan pemilihan yang jujur, adil, dan bebas dari kecurangan.(**)