• dinas pangan

AKBP Reja Menegaskan Netralitas dan Tanggung Jawab dalam Pengamanan Pemilu 2024

Netralitas
Kapolres Sigi, AKBP Reja A Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.H., memimpin pelaksanaan Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Sigi. FOTO: HUMAS POLRES SIGI

SIGI – Kapolres Sigi, AKBP Reja A Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.H., memimpin pelaksanaan Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Sigi. Acara tersebut berlangsung di lapangan apel Mapolres Sigi pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Dalam sambutannya, Kapolres Sigi menekankan pentingnya menjaga netralitas Polri dan tanggung jawab penuh dalam mengawal proses Pemilu 2024 untuk memastikan kelancaran dan keamanan.

Dia meminta kepada personel yang akan melaksanakan Pengamanan TPS untuk sudah berada di lokasi masing-masing H-1 sebelum pemungutan suara dimulai, serta mengawal kotak suara hingga ke PPK dan KPU setelah proses perhitungan suara.

“Saya tekankan kembali tugas kita hanya fokus untuk pengamanan karena Harkamtibmas adalah tugas pokok Polri, serta selalu menjaga netralitas Polri,” kata Kapolres Sigi.

Dia juga menekankan pentingnya menjaga kehormatan institusi, tampilan perorangan, perilaku, dan sikap saat melakukan pengamanan di setiap TPS, serta mendahulukan pendekatan humanis dalam bertugas.

Apel pergeseran pasukan ini dianggap sebagai langkah strategis untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses Pemilu 2024 di Kabupaten Sigi. Diketahui bahwa 340 personel Polres Sigi dan 61 Personel BKO dari Polda Sulteng dipimpin oleh 15 perwira pengendali (Padal) siap mengamankan 826 TPS di wilayah tersebut.

Kapolres juga mengingatkan bahwa hari ini sudah memasuki tahap kampanye terakhir, dan tanggal 11-13 Februari merupakan masa tenang. Dia mendorong untuk memanfaatkan waktu yang ada untuk melakukan koordinasi dan bersilaturahmi dengan para tokoh dalam rangka menciptakan suasana damai jelang pemungutan suara.

“Saya berharap dengan persiapan yang matang dan sinergi antara semua pihak, pelaksanaan Pemilu di wilayah Kabupaten Sigi dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tambah AKBP Reja.(*/ton)