• dinas pangan

Atlet Cabor Petanque Asal Sigi Lolos ke PON Aceh

Mohamad Agus Syawal

ELSINDO, SIGI– Setelah Cabang olahraga (Cabor) Pergatsi yang di dominasi atlet dari Sigi, menuju ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh dan Medan. Kini atlet Cabor Petanque juga lolos ke PON, setelah mengikuti seleksi kualifikasi PON di Tabanan Pulau Bali.

Ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sigi, Mohamad Agus Syawal Jumat (14/07) mengatakan, kabar lolosnya atlit Petanque asal Sigi pada babak kualifikasi PON dari ketua Petanqui Sigi. Tentunya hal ini suatu yang menggembirakan tidak hanya bagi KONI Sigi, akan tetapi Pemda Sigi bahwa, atlet Sigi dari Cabor Pentaque akan menjadi salah satu atlet yang akan memperkuat Cabor tersebut.

“Alhamdulillah ini sebuah kabar yang baik dan secara pribadi serta atas nama lembaga, mengucapkan selamat kepada Dias Saharuddin yang lolos kualifikasi PON di Bali, dan akan memperkuat Cabor Petanque Sulteng pada PON di Aceh dan Medan tahun 2024,” kata Agus Syawal.

Agus Syawal menambahkan, lolosnya sejumlah atlet Sigi ke PON Aceh menunjukan bahwa, kualitas para atlet di Sigi cukup bagus dan dapat bersaing di sejumlah cabang yang dipertandingkan. Tentunya ini tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan oleh para pelatihnya serta perhatian dari ketua dan pengurus Cabor masing masing.

“Pembinaan serta latihan yang rutin ini sangat penting bagi atlet, dan ini juga akan membentuk mental para atlit, sehingga selalu siap dalam setiap pertandingan,” kata Agus Syawal yang pernah menakhodai KNPI Sigi dua periode ini.

Sementara Sekretaris Umum KONI Sigi, Aspar Lapondo mengatakan, lolosnya Dias Saharuddin dalam babak kualifiaksi PON di Tabanan Bali, yang dimulai sejak tanggal 08 – 13 Juli lalu, tentunya banyak persiapan yang dilakukan untuk memberikan penampilan terbaiknya kepada para tim penilai. Sebab, sudah pasti banyak atlet atlet lain yang memiliki kemampuan sama, akan tetapi belum memiliki kemampuan lebih seperti atlet Sigi seperti Dias Saharuddin.

“Atlet kita Dias ini masuk di ketegiri Doubel Men, tentunya di kategori ini banyak persaingan, dan Alhamdulillah Dias bisa lolos dan masuk dalam tim Cabor Petanque Sulteng menuju ke PON Aceh dan Medan,” kata Aspar.

Selain Dias Saharuddin, sejumlah atlet lainnya di kategori lain seperti kategori single women juga dipastikan akan lolos yakni, bisa diwakili dari Kabupaten Banggai dan Luwuk.

“Pada atlet yang telah lolos PON untuk tetap semangat menjalankan latihan, terutama disiplin dan menjaga fisik. Karena lawan yang sebenarnya adalah, pada saat pertandingan di PON tahun 2024 mendatang, doa dan dukungan masyarakat Sigi juga sangat diharapkan,” ujar Aspar.(**)