• dinas pangan
Kota  

Balai POM Periksa Takjil Ramadan di Kota Palu

PEMERIKSAAN- Balai POM di Palu melakukan kegiatan rutin selama bulan Ramadan yaitu pemeriksaan takjil, Kamis (23/03/23). FOTO: IST

ELSINDO, PALU- Balai POM di Palu melakukan kegiatan rutin selama bulan Ramadan yaitu pemeriksaan takjil, Kamis (23/03/23).

Hari pertama puasa, pengujian dilakukan di beberapa titik di Kota Palu, salah satunya Pasar Ramadan di Jalan Kartini yang digelar oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Pembangunan Sulteng, bekerja sama dengan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Cabang Wilayah Sulteng.

Kepala Balai POM, Agus Riyanto, menjelaskan pengujian dilakukan terhadap 30 sampel yang dijual di lingkungan pasar Ramadan.

“Pemeriksaan meliputi pengujian boraks, formalin, rhodamin B dan metanil yellow,” ucapnya.

Dari hasil pengujian, seluruh sampel diketahui memenuhi syarat dan bebas dari bahan berbahaya dan dilarang sehingga aman untuk dikonsumsi.

Selain pengujian takjil dilakukan juga penyebaran informasi mengenai obat dan makan serta sosialisasi aplikasi BPOM Mobile sehingga masyarakat dapat memastikan dengan mudah bahwa produk-produk yang digunakan terdaftar dan aman untuk di konsumsi. (CHL/*)