• dinas pangan

Bupati Donggala Yasin Kunjungi Kemenhub RI Bahas Kebutuhan Angkutan Umum

Bupati Donggala, Moh Yasin, bersama Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Donggala, Happy Noor Handayani dan stafnya, mengunjungi Kementerian Perhubungan pada Senin, (11/01/24), (FOTO: IST)

ELSINDO, JAKARTABupati Donggala, Moh Yasin, bersama Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Donggala, Happy Noor Handayani, dan stafnya, mengunjungi Kementerian Perhubungan pada Senin, 11 Januari 2024.

Kunjungan itu dalam rangka membahas permintaan angkutan Bus penumpang di Pelabuhan Baru. Bupati Yasin bersama rombongan, bertemu dengan Suharto, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, yang juga menjabat sebagai Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan RI.

Diskusi tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab pemerintah dalam melayani angkutan umum. Suharto menerima delegasi Pemda Donggala dan membahas kondisi permasalahan angkutan darat, khususnya rute Donggala-Palu. Diskusi juga mengantisipasi kebutuhan angkutan umum dengan memperhatikan operasional pelabuhan laut sebagai tempat berlabuh dan berangkatnya angkutan laut penumpang.

Bupati Donggala, Yasin menyampaikan, Donggala memang membutuhkan angkutan umum berdasarkan presentasi kajian jaringan trayek utama di Kabupaten Donggala dan jumlah armada yang diperlukan.

“Keputusan untuk memperoleh izin trayek yang melayani rute Donggala-Palu akan memerlukan dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, terutama dari Dinas Perhubungan Provinsi,” kata Yasin.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan melakukan analisis melalui beberapa skema untuk mengatasi kebutuhan angkutan, khususnya rute Donggala-Palu. Salah satu skema yang akan dianalisis adalah penggunaan bus perintis sebelum layanan angkutan umum di Donggala diberlakukan secara luas. Beberapa perusahaan di Kabupaten Donggala juga akan dilibatkan dalam skema Corporate Social Responsibility (CSR) untuk angkutan umum. (**)