• dinas pangan

Bupati Morut Wujudkan Gedung Baru SDN 01 Kolonodale, Upaya Tingkatkan Mutu Pendidikan

Penandatangan prasasti peresmian gedung baru SDN 01 Kolonodale, oleh Bupati Morut, Dr Dr Delis Julkarson Hehi. FOTO: FACEBOOK PEMDA MORUT

ELSINDO, MORUT– Bupati Morowali Utara, Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS, secara resmi meresmikan penggunaan Gedung Baru SDN 01 Kolonodale, Rabu, 10 Januari 2024.

Dalam momen tersebut, Bupati Delis mengungkapkan bahwa hadirnya gedung sekolah baru ini melalui perjuangan panjang, sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Morowali Utara (Morut).

Gedung baru tersebut diresmikan sebagai langkah nyata dalam meningkatkan sarana prasarana pendidikan, sejalan dengan prestasi gemilang yang telah diraih kabupaten ini di bidang pendidikan. Morowali Utara berhasil meraih posisi ke-2 dalam Capaian Literasi tingkat SD dan ke-1 di tingkat SMP se-Provinsi Sulawesi Tengah pada tahun 2022. Sementara itu, capaian Numerasi di tingkat SD memperoleh peringkat ke-1, dan di tingkat SMP, peringkat ke-3 se-Provinsi Sulawesi Tengah pada tahun yang sama.

“Kita berada di peringkat 3 besar untuk Capaian Literasi dan Numerasi se-Provinsi Sulawesi Tengah,” ujar Bupati Delis yang disambut tepuk tangan para undangan.

Selain peresmian gedung baru, Bupati Delis juga menegaskan berbagai program yang dicanangkan Pemerintah Daerah Morowali Utara. Program-program tersebut mencakup peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, penambahan jumlah guru yang merata di seluruh wilayah, pemberian fasilitas Laptop untuk Pengawas Sekolah, pemberian beasiswa Putra Daerah untuk studi di China, dan pengadaan Kendaraan Operasional bagi guru-guru di daerah terpencil.

Adris Ganoli, Kepala SDN 01 Kolonodale, menyatakan bahwa kehadiran gedung baru ini, yang berdiri di lahan milik Pemda, menjadi kerinduan seluruh keluarga besar SDN 01 Kolonodale. Selama 73 tahun, proses belajar mengajar dilakukan di lahan pihak lain, sehingga gedung baru ini memberikan semangat baru dalam proses tersebut.

Dalam penjelasan Faisal Dg Siame, SHI, Ketua Komite SDN 01 Kolonodale, pembangunan gedung baru menghabiskan anggaran sekitar 5 Milyar Rupiah, mencakup biaya pembebasan lahan, pembangunan gedung, serta sarana dan prasarana lainnya.

Peresmian Gedung Baru SDN 01 Kolonodale ditandai dengan Penandatanganan Prasasti dan Pengguntingan Pita oleh Bupati Delis, dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait dan tokoh masyarakat. Acara ini juga dihadiri oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Morowali Utara, jajaran keamanan, serta para kepala sekolah dan keluarga besar SDN 01 Kolonodale.(*/ton)