banggai
  • dinas pangan

Bupati Sigi Diskusikan Investasi Vanila dan Model Agroforestri dengan David and Lucille Packard Foundation

Bupati Sigi, Mohamad Irwan, mengadakan pertemuan bersama perwakilan dari David and Lucille Packard Foundation dalam diskusi yang difasilitasi oleh Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) di Koperasi Simpotove, Desa Bobo, Kecamatan Palolo. FOTO: PROKOPIM KABUPATEN SIGI.

ELSINDO, SIGI– Bupati Sigi, Mohamad Irwan, mengadakan pertemuan bersama perwakilan dari David and Lucille Packard Foundation dalam diskusi yang difasilitasi oleh Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) di Koperasi Simpotove, Desa Bobo, Kecamatan Palolo pada 9 Januari 2024. Diskusi ini memfokuskan pembahasan pada basis produksi vanila oleh Koperasi Simpotove, yang telah mendapatkan komitmen investasi sebagai bagian dari portofolio ekonomi restoratif.

Diskusi juga melibatkan pembahasan model agroforestri dinamis, di mana vanila ditanam bersama komoditas lain seperti kakao, kemiri, dan bambu.

Tujuan utama diskusi adalah memahami bagaimana model ini dapat diintegrasikan dalam tata kelola masa depan, meningkatkan skala produksi, dan sejalan dengan investasi solusi berbasis alam serta pembiayaan iklim.

Dalam kegiatan tersebut, hadir berbagai pihak seperti Chair of Board of trustee David and Lucille Packard Foundation, Jason K. Burnett, Member of Board of trustee David and Lucille Packard Foundation, Sierra Clark, Senior Advisor for Southeast Asia, Joko Arif, Kepala Sekretariat LTKL, Deputi Partnership, Resmob & Communication, Program Manajer Flagship Event, GA Officer, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sigi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sigi, dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sigi.(*/ton)