• dinas pangan

DPRD Sulteng Gelar Uji Publik Raperda Kepemudaan dan Keolahragaan

uji publik untuk Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Kepemudaan dan Keolahragaan.
mengadakan uji publik untuk Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Kepemudaan dan Keolahragaan. FOTO: IST

ELSINDO, PALUDPRD Sulteng mengadakan uji publik untuk Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Kepemudaan dan Keolahragaan. Kegiatan ini, yang diinisiasi oleh Komisi IV DPRD Provinsi Sulteng, berlangsung di Hotel Swissbell Silae Palu pada Senin, 20 Mei 2024.

Acara tersebut dipimpin oleh Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Sulteng, Dr. I Nyoman Slamet, dengan kehadiran anggota Komisi IV lainnya, yaitu Moh. Hidayat Pakamundi dan Ibrahim A. Hafid. Turut hadir pula Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Sulteng Drs. Irvan Aryanto, M.Si, perwakilan Biro Hukum Pemda Sulteng, serta beberapa organisasi kepemudaan dan keolahragaan, seperti KONI, IGORNAS, KORMI, BAPOMI, SMANOR Tadulako Palu, dan IMI Sulteng.

Dr. I Nyoman Slamet menyatakan bahwa tujuan dari uji publik ini adalah untuk mendapatkan masukan dari peserta agar Raperda tersebut dapat memberikan manfaat optimal bagi semua pihak terkait. “Kami membuat Raperda ini sebagai payung hukum untuk kepentingan kegiatan olahraga di daerah, termasuk prestasi, kewenangan, dan kesejahteraan para atlet,” jelasnya.

Kepala SMANOR Tadulako Palu, Muh. Jufri, S.Pd., M.Pd., menyambut baik inisiatif ini karena Raperda tersebut juga mengatur pembinaan prestasi dari level dasar yang melibatkan sekolah. Selain itu, Ketua IMI Sulteng, Helmy Umar, S.E., mengusulkan penguatan peran cabang olahraga yang berhimpun di KONI, serta pembagian tugas dan kewenangan antara KONI, Dispora, dan organisasi lain.

Direktur Eksekutif KONI Sulteng, M. Warsita, S.Pd., M.M., menekankan pentingnya peran KONI yang sudah diatur sejak era Presiden Soekarno hingga Keppres No. 72 Tahun 2001. “Urusan olahraga prestasi adalah kewenangan KONI, kecuali ada perubahan pada Keppres tersebut,” ujarnya.

Kadispora Provinsi Sulteng, Drs. Irvan Aryanto, mengingatkan agar Raperda ini tidak melenceng dari UU Sistem Keolahragaan Nasional No. 10 Tahun 2022 yang mengatur peran KONI dan pemerintah. “Jangan sampai Raperda ini melenceng dari payung hukumnya,” tegasnya.

Kegiatan uji publik ini mendapat sambutan positif dari pengurus cabang olahraga, KONI, KORMI, dan organisasi pemuda lainnya. Mereka berharap Raperda tersebut segera diundangkan dan disahkan menjadi Perda, mengingat pentingnya memiliki payung hukum untuk keolahragaan dan kepemudaan di Provinsi Sulteng.(**)