banggai
  • dinas pangan

Honda Bagi Tips Riding Aman Saat Hujan

Salah satu pengendara yang memberikan tips dari Honda berkendara yang aman saat hujan. FOTO : istimewa

ELSINDO, PALU – Harus diakui bahwa sepeda motor roda dua adalah kendaraan yang paling simple dan praktis digunakan karena terjangkau harganya juga yang tidak kalah penting adalah efisiensi waktu tempuh perjalanan yang lebih cepat. Namun ada saja kekurangan jikalau menggunakan sepeda motor saat hujan. Berkendara di musim hujan, sesungguhnya punya tingkat kesulitan tersendiri untuk para bikers. 

 

Para pengendara roda dua tidak boleh sampai lengah, karena ada resiko kecelakaan yang lebih tinggi di masa seperti ini. Walau demikian, bukan berarti aktivitas harus terganggu. Pengendara tetap boleh naik motor, tapi dengan cari aman. Ada empat faktor penyebab terjadi kecelakaan 

 

”Faktor pengendara, kendaraan, jalan dan cuaca sangat mempengaruhi saat berkendara di musim hujan. Namun 90% kecelakaan terjadi akibat pengendara sendiri,” ujara Yusman Team Safety Riding Honda Anugerah Perdana, Rabu (28/6/2023).

 

“Kita wajib menjalankan safety riding untuk menjaga diri sendiri juga pengendara lainnya jangan sampai mengalami kerugian, karna sejatinya kecelakaan dapat dicegah agar kamu selalu selamat di jalan,” ujarnya menambahkan. 

 

Ada enam tips berkendara di musim hujan. Berikut paparan lengkapnya. Pertama, pastikan kondisi tubuh sehat, kedua, gunakan riding gear yang tepat (Helm, Gloves, Jaket, Celana Panjang, Sepatu dan Jas Hujan). Selanjutnya, pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan jaga jarak aman minimal 3 detik. Kemudian, fokus dan berkendaralah perlahan serta tekan tuas rem perlahan, Jangan Mendadak.

“Nah, itu dia beberapa tips teknik berkendara sepeda motor pada saat hujan yang bisa kamu terapkan nih bro/sis agar lebih aman dalam berkendara. Tapi ingat bahwa berkendara dengan menggunakan sepeda motor tidak perlu dengan kecepatan tinggi tapi yang perlu diperhatikan adalah keselamatan, Oke,” imbuhnya. 

 

Dijelaskan, semoga dengan upaya ini memberikan tips keselamatan kepada seluruh masyarakat Sulawesi tengah, dapat membantu masyarakat untuk tetap mendapatkan pengetahuan tentang berkendara yang aman dalam aktivitas berkendara sehari-hari utamanya saat mudik lebaran. (**)