• dinas pangan

Kemensos Salurkan Bantuan untuk Penderita Kanker Tiroid di Mamuju

SALURKAN BANTUAN- Sentra Nipotowe di Palu langsung memberikan bantuan atensi untuk Surianti yang mengidap kanker tiroid, Selasa, 7 Februari 2023. FOTO: HUMAS SENTRA NIPOTOWE

ELSINDO, MAMUJU- Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Sentra Nipotowe di Palu merespon kasus yang tengah viral di Desa Pokkang, Kecamatan Kaluku, Kabupaten Mamuju. Diketahui, salah seorang warga, Surianti (43) di Desa Pokkang mengidap kanker tiroid sejak tahun 2021. Keluarga telah berupaya melakukan pengobatan namun karena masalah perekonomian yang dialami mengakibatkan belum tertanganinya dengan maksimal.

Sentra Nipotowe di Palu langsung menindaklanjuti kasus tersebut. Pekerja sosial melakukan asesmen kepada keluarga Surianti di kediamannya, Selasa, 7 Februari 2023. Surianti sudah pernah dirujuk ke Makassar dan mendapatkan perawatan dengan diagnosa kanker tiroid pada tahun 2021 silam.

“Awalnya istri saya mengeluhkan benjolan di leher yang ia kira gondok, namun pernah suatu ketika ia terbentur kepalanya hingga bengkak. Semakin lama bengkaknya jadi tambah besar sebesar konde. Akhirnya kami bawa ke Rumah Sakit dan katanya harus dirujuk di Makassar. Pas di Makassar disuruh untuk kemoterapi,” terang Daeng Mattayan, suami Surianti.

Dokter menganjurkan untuk dilakukan kemoterapi guna mematikan sel kankernya. Namun pihak keluarga keberatan karena pengalaman buruk keluarga tentang kemoterapi.

Saat ini Suranti terbaring di atas ranjang kasur kapuk yang tampak mengeras. Ia mengaku tidak leluasa bergerak dan badan mulai sakit karena harus terbaring di ranjang terus menerus.

“Saya tidak kuat lama-lama duduk karena kepala rasanya berat. Kalo berbaring terus badan sakit,” ujar Surianti.

Pekerja sosial yang melakukan asesmen berupaya untuk memaksimalkan aksesibilitas serta mobilitas Surianti agar tidak memperburuk kondisi motoriknya karena terlalu lama terbaring.

“Kami sudah lakukan asesmen terhadap penerima manfaat dan keluarga. Saat ini kami fokus pada dukungan aksesibilitasnya selama perawatan di rumah, karena sebelumnya kami tawarkan untuk kemoterapi di Makassar dengan biaya ditanggung penuh oleh Kementerian Sosial, namun keluarga masih keberatan,” jelas Fikri, Pekerja Sosial Sentra Nipotowe di Palu.

Sentra Nipotowe di Palu langsung memberikan bantuan atensi berupa tempat tidur pasien , dimana dengan adanya tempat tidur tersebut sandaran kepala bisa dinaik turunkan agar aktivitas Surianti lebih leluasa diatas tempat tidur.

Selain itu, Sentra Nipotowe di Palu juga memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar, nutrisi, perlengkapan sekolah untuk anak bungsu Surianti, dan sandang.

Harapannya bantuan tersebut dapat membantu Surianti dalam perawatan di rumah, serta membantu memenuhi kebutuhan keluarga selama merawat Surianti. (*/CHL)