• dinas pangan

Pembangunan Jaringan Fiber Optic Meluas di Kabupaten Morowali Utara

Pembangunan Jaringan Fiber Optic Meluas di Kabupaten Morowali Utara.
Diskominfo Daerah Kabupaten Morowali Utara melalui Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) telah berhasil membangun jaringan Fiber Optic sepanjang ±30 Km. FOTO: IST

ELSINDO, MORUT– Dalam upaya meningkatkan infrastruktur teknologi informasi, Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Daerah Kabupaten Morowali Utara melalui Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) telah berhasil membangun jaringan Fiber Optic sepanjang ±30 Km. Jaringan Fiber Optic merentangi 40 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemda Morut.

Proyek ini mencakup koneksi ke 28 OPD, 9 Bagian di Sekretariat Pemda, RSUD Kolonodale, dan Kantor Sekretariat DPRD Morut. Menurut Kepala Bidang Aptika, Rahmawati Donda, jaringan Fiber Optic ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja intranet antar OPD, memastikan kelancaran proses dengan kecepatan hingga 20 Mbps pada setiap OPD.

Pembangunan infrastruktur ini bertujuan mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). SPBE merupakan pendekatan tata kelola Pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu dalam administrasi Pemerintahan serta pelayanan publik. Sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018, SPBE diarahkan untuk mencapai tata kelola Pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel, sambil meningkatkan kualitas pelayanan publik dan efisiensi birokrasi.(*/ton)