• dinas pangan

PPDB Resmi Dibuka, MAN 2 Palu Turunkan Tim Sosialisasi ke Parimo dan Poso

PPDB
Kepala MAN 2 Palu, H. Muh. Syamsu Nursi, saat foto bersama dengan sejumlah guru dan siswa untuk turun Safari Ramadan sekaligus Sosialisasi PPDB di Kab. Parimo dan Kab. Poso, baru-baru ini. (FOTO: HUMAS MAN 2 PALU)

ELSINDO, PALUMadrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Palu, telah resmi membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada 18 Maret 2024, dan dijadwalkan proses pendaftaran siswa baru akan ditutup pada 30 Mei 2024.

Untuk mengoptimalkan proses PPDB tersebut, MAN 2 Palu menurunkan tim sosialisasi PPDB dan Islamic Boarding School Ma’had Daarul Muhsin (IBSDM) ke sejumlah Kabupaten diantaranya, Kab. Poso dan Parigi Moutong.

Tim PPDB yang turun di dua Kabupaten itu, dipimpin langsung oleh Kepala MAN 2 Palu, H. Muh. Syamsu Nursi, pada Minggu, 24 Maret 2024.

Menurut Syamsu, untuk petunjuk teknis proses pelaksanaan PPDB telah diatur oleh Kementerian Agama (Kemenag), dalam SK Nomor 7022 tahun 2023, tentang juknis PPDB tahun pelajaran 2024/2025, oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI.

“Juknis tersebut bertujuan untuk memberi jaminan proses PPDB di Madrasah, yang objektif, akuntabel, transparan dan tanpa diskriminasi, sehingga mendorong peningkatan akses layanan yang berkeadilan,” kata Syamsu.

Olehnya itu, kata Syamsu, sesuai pedoman tersebut, MAN 2 Palu telah membuka pendaftaran secara daring (online), yang dapat diakses dengan mudah oleh para pendaftar.

“Perlu diketahui, untuk proses pendaftaran telah dibuka sejak 18 Maret dan akan ditutup pada 30 Mei 2024. Panitia PPDB telah siap untuk memberikan layanan bantuan atau memberikan jawaban, bagi pertanyaan seputar proses pendaftaran atau bila pendaftar mengalami kendala,” jelasnya.

Syamsu mengatakan, karena sosialisasi PPDB ini bertepatan di bulan suci Ramadan, maka dilaksanakan sekaligus kegiatan Safari Ramadan di dua Kabupaten tersebut.

“Rombongan sosialisasi dibagi dalam dua tim. Rombongan pertama turun di MTsN 1 dan MTsN 2 Poso, sementara tim dua di wilayah Parimo dengan mengunjungi beberapa MTSN diantaranya, SMPN 1 Parigi, SMPN 2 Parigi, MTs Alkhairaat Parigi, dan MTsN 1 Parigi,” ujarnya.

Kata Syamsu, sosialisasi ini bertunjuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas, tentang tata cara dan jadwal pendaftaran. Selain itu juga, disampaikan visi dan misi dan program ungulan MAN 2 Palu diantaranya yakni, program Boarding School.

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB MAN 2 Palu, Muhammad Rendy Saputra mengatakan, untuk saat ini jumlah pendaftar pada portal online PPDB MAN 2 Kota Palu telah mancapai 300 lebih pendaftar, dan itu dalam kurun waktu tujuh hari.

“Kami berharap masyarakat segera mendaftarakan anaknya, mumpung masih dibuka. Karena waktu PPDB ditutup 30 Mei 2024,” katanya.

Menurutnya, informasi PPDB MAN 2 Kota Palu, dapat diakses masyarakat pada media sosial resmi madrasah, yaitu melalui akun instagram @man2kotapalu.official dan laman facebook Mandua Palu/MAN 2 Kota Palu. (*/del)

*Follow Official WhattsApp Channel elsindo.id untuk mendapatkan berita update seputar sulteng dengan mengklik tautan ini.