banggai
  • dinas pangan

Puluhan UMKM Ikut Pelatihan Pemasaran Digital

Suasana kegiatan pelatihan Technical Skill dan pemasaran digital yang diadakan Rumah BUMN Palu di Wisata Sate Mobil, Kelurahan Donggala Kodi, Kecamatan Ulujadi, FOTO : istimewa

ELSINDO, PALU – Sebanyak 50 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah mengikuti pelatihan Technical Skill dan pemasaran digital yang diselenggarakan oleh Rumah BUMN Telkom Palu di Wisata Sate Mobil, Kelurahan Donggala Kodi, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Kamis, 22 Juni 2023.

 

“Pelaku usaha yang kita undang ini merupakan mitra binaan Rumah BUMN Telkom Palu dari berbagai bidang bisnis,” ujar General Manager Telkom Witel Sulteng, Haris Setyawan usai membuka langsung kegiatan tersebut. 

 

Ia mengatakan bahwa ini adalah salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan untuk membantu masyarakat khususnya mengembangkan sektor bisnis pelaku UMKM dan UKM. 

 

“Kita melihat potensi pelaku UMKM dan UKM di Sulteng sebenarnya besar. Namun, harus perlu ada wadah atau tempat untuk pelaku usaha dalam bentuk kegiatan, maupun pelatihan, hingga pengembangan produk yang mereka pasarkan,” kata Haris Setyawan. 

 

Dengan adanya pelatihan tersebut, Pihaknya berharap ke depan bisa ikut berperan penting dalam mewujudkan peningkatan ekonomi masyarakat di Sulteng. Selain mengadakan pembinaan, Telkom juga memberikan skema pinjaman kredit bantuan modal usaha. 

 

“Yang paling penting itu para pelaku usaha harus mampu memanfaatkan kesempatan ini. Sebab ada banyak hal yang kita ajarkan mengenai pemasaran lewat digitalisasi. Kebetulan kami sediakan platform yang diberi nama Pasar Digital (Padi) UMKM,” ujar Haris Setyawan.

 

Jeranah, salah satu perwakilan mitra binaan Rumah BUMN Palu yang juga Owner UD Cendana Food mengaku bahwa kegiatan ini sangat baik dilaksanakan untuk pelaku UMKM dan UKM. Ia juga menilai hal tersebut sebagai ajang silaturahmi antara pebisnis.

 

“Usaha yang saya geluti sudah bergabung di mitra binaan Rumah BUMN Telkom Palu berjalan hampir empat tahun terhitung dari 2019 lalu. Banyak manfaat kita dapatkan di sini, salah satunya diajarkan cara memasarkan produk melalui berbagai platform digital,” ungkap Jeranah.

 

Keuntungan lainnya, kata Jeranah, berkesempatan untuk memperoleh bantuan fasilitas permodalan yang berupa pinjaman dana bergulir dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Kantor Wilayah layanan Telekomunikasi (Witel) Sulteng. 

 

“Alhamdulillah, kami dapat tambahan ilmu dan pelatihan mengenai pembuatan kulit tortila hingga cara digital marketing melalui aplikasi Tiktok. Selain itu, kita sebagai pelaku usaha juga diajarkan business model canvas oleh Fasilitator Rumah BUMN Telkom Palu,” tuturnya. (**)