banggai
  • dinas pangan

SMPN 1 Palu dan Konjen Australia Pererat Kerjasama Tentang Program Pendidikan Internasional

konjen
Kepala SMPN 1 Palu, Yusri, bersama Kadisdikbud Palu, Hardi, dan sejumlah siswa SMPN 1 Palu, saat foto bersama dengan Konjen Australia, di Aula SMPN 1 Palu, Kamis, 1 Februari 2024. (FOTO: ISTIMEWA)

ELSINDO, PALU- SMP Negeri 1 Palu, kedatangan tamu spesial dari Konsul Jenderal (Konjen) Australia, Todd Dias, Kamis, 1 Februari 2024.

Kepala SMPN 1 Palu, Yusri mengatakan, ada berbagai program yang dibahasnya bersama Konjen Australia Mr. Todd, salah satunya mengenai program pertukaran pelajar dan program Sister School antara SMP Negeri 1 Palu dan sekolah di Sydney.

“Sebenarnya sejak Oktober tahun kemarin, kami sudah menyurat melalui email dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Australia, terkait program-program kerjasama yang kami akan buat. Alhamdulillah surat yang kami kirim lewat email ditanggapi, sehingga dikabarkan akhir Januari atau awal Februari 2024, Konjen Australia rencana berkunjung ke Kota Palu,” kata Yusri, melalui ponselnya, Jumat, 2 Februari 2024.

Kepala SMPN 1 Palu, Yusri, saat berdiskusi dengan pihak dari Konjen Australia, di ruang kerjanya. (FOTO: IST)

Yusri mengatakan, sejak lama pihaknya juga memiliki hubungan persahabatan dengan Kedubes Australia. Melalui persahabatan ini, pihaknya mencoba untuk menawarkan kerjasama.

“Sebelum Konjen Autralia ini datang ke SMPN 1 Palu, mereka terlebih dahulu menemui Wali Kota Palu, tentunya banyak hal yang dibahas mengenai program pendidikan yang akan terjalin dengan baik, antara pemerintah Kota Palu dan Australia, dalam pengembangan mutu atau kualitas pendidikan di Kota Palu,” ujarnya.

Menurutnya, kerjasama yang terjalin dengan Australia sangat penting, sebab di negara maju seperti Australia khususnya di Sydney, tentunya memiliki kualitas pendidikan yang maju.

“Sejauh ini kami sangat bagus menjalin komunikasi dengan Australia, mereka juga sudah menyambut baik kerjasama yang kami tawarkan. Insya allah jika kerjasama ini berjalan sesuai dengan harapan, pelajar kami di SMPN 1 Palu bisa berkunjung langsung ke Australia untuk ikuti program pertukaran pelajar,” ujar Yusri.

Yusri mengucapkan terimakasih, kepada Konjen Australia Todd Dias, yang sudah menyempatkan diri mengunjungi SMPN 1 Palu.

“Kunjungan ini sebuah kehormatan yang sangat luar biasa bagi kami. Semoga kerjasama ini berjalan dengan baik, sehingga melahirkan pelajar yang berkualitas,” katanya. (del)