• dinas pangan

Waktu PPDB Online SMA Negeri di Palu Diperpanjang Hingga 24 Mei

PPDB
Kabid Pembinaan SMA Disdik Sulteng, Yunus. (FOTO: FADEL ELSINDO)

ELSINDO, PALU– Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi Tengah, Yunus mengungkapkan, seluruh SMA negeri di Kota Palu, sepakat untuk menambah waktu Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) hingga 24 Mei 2024.

“Perpanjangan tersebut dilakukan, karena dari sembilan SMA negeri di wilayah Kota Palu, yang melaksanakan PPDB Online, baru tiga sekolah sudah melebihi kuota pendaftaran,” kata Yunus, di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Yunus mengaku, telah melaksanakan rapat bersama seluruh SMA Negeri Kota Palu via Zoom, untuk membahas perkembangan penggunaan aplikasi PPDB Online. Setelah mendengarkan seluruh pendapat dari seluruh sekolah, mereka sepakat untuk memberikan tambahan waktu pelaksanaan PPDB selama empat hari dari jadwal yang ditentukan.

“Sebelumnya, jadwal resmi yang dikeluarkan oleh Disdik Sulteng yaitu 6 hingga 20 Mei, kini menjadi 6 sampai 24 Mei 2024,” kata Yunus.

Yang jelas, kata Yunus, bersama seluruh sekolah sepakat untuk memperpanjang waktu pendaftaran, bagi para siswa baru di seluruh SMA negeri di Kota Palu.

“Hal ini kami laksanakan, karena PPDB Online yang kami laksanakan baru pertama kalinya, sehingga perlu memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendaftar via PPDB Online. Ini juga memberikan waktu kepada masyarakat untuk mengurus berbagai berkas yang dibutuhkan untuk PPDB Online,” ujarnya.

Kata Yunus, saat ini posisi jumlah pendaftar dari sembilan SMA Negeri Kota Palu, baru tiga sekolah yang melebihi kuota yang telah ditentukan.

“Tiga sekolah tersebut yaitu SMAN 1 Palu, SMAN 2 Palu dan SMAN 3 Palu. Sementara untuk tujuh sekolah mulai dari SMAN 4 Palu hingga SMAN 9 Palu, hingga kini belum memenuhi kuota yang telah ditentukan oleh sekolah masing-masing,” katanya.

Kata Yunus, proses PPDB Online sudah berjalan sesuai dengan harapan bersama. Memang ada beberapa kendala, tetapi masih sebatas wajar dan bisa diatasi oleh sekolah masing-masing.

“Bahkan sekolah juga sudah membuat berbagai inovasi, untuk bisa menarik minat para pendaftar di sekolah masing-masing. Makanya diharapkan dengan adanya tambahan waktu ini, seluruh sekolah bisa memenuhi kuota mereka,” ungkapnya.

Yunus mengaku, sangat optimis, seluruh sekolah nantinya bisa menerima siswa sesuai dengan kuota masing-masing. Sebab nantinya sekolah yang sudah melebih kuota, akan melaksanakan seleksi akan secara otomatis diarahkan ke sekolah yang belum memenuhi kuota. (del)