• dinas pangan
Daerah  

BAZNAS Sigi Gandeng RSB Gelar Khitanan Massal Gratis

Rumah Sehat BAZNAS Siti Masyithah Palu bersama BAZNAS Sigi menggelar khitanan massal bagi anak kaum dhuafa, di Sigi. FOTO: IST

ELSINDO, SIGI– Rumah Sehat BAZNAS Siti Masyithah Palu bersama BAZNAS Sigi telah menggelar khitanan massal bagi anak kaum dhuafa yang berada di Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Sabtu 22 Juli 2023.

Dalam kegiatan tersebut, Rumah Sehat BAZNAS (RSB) Siti Masyithah Palu, menurunkan sembilan orang tim yang terdiri dari tiga orang operator, tiga orang asisten operator, satu orang Farmasi dan dua orang Non medis, dengan melakukan khitanan kepada 26 anak usia 5-12 tahun, yang menjadi penerima manfaat kegiatan itu. Anak-anak yang dikhitan berasal dari Desa Pombewe, Lolu dan Desa Langaleso. Kecamatan Sigi Biromaru.

Salah satu petugas media RSB Siti Masyita Palu mengatakan, proses khitanan berjalan lancar. Semua anak di daftar dengan menyerahkan foto copy kartu keluarga dan menandatangani form persetujuan khitan.

Lanjutnya, setiap anak dikhitan dengan metode laser, serta mendapatkan obat dan edukasi terkait perawatan pasca Khitan.

Dalam pelaksanaan tersebut, BAZNAS Sigi bersama BAZNAS Provinsi juga memberikan bingkisan kepada anak-anak yang telah dikhitan.

“Kegiatan ini menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker. Kegiatan bertujuan untuk memberikan kesejahteraan yang baik, agar anak-anak tumbuh dengan sehat dan sholeh, sesuai dengan syariat Islam yang mewajibkan khitan bagi setiap muslim,” kata Jana.

Semoga ke depan, RSB Palu tetap dapat memberikan pelayanan terbaik kepada mustahik.

“Kami mengucapkan terimakasih pada RSB Siti Masyita Palu, yang telah memberikan pelayanan khitanan pada anak anak dhuafah, dan kerjasama ini tentunya akan terus berlanjut dalam membangun sebuah kebaikan,” kata Ketua BAZNAS Sigi Hadi Wijaya.

Terlaksananya kegiatan ini juga lanjutnya, tidak terlepas dari dukungan sejumlah pihak, yang secara bersama mensukseskan kegiatan sosial kemanusiaan ini seperti, Puskesmas Biromaru, BAZNAS Tanggal Bencana (BTB) Sigi, Pemdes Pombewe dan iman dan pengurus mesjid Nurul Fatah Huntap Pombewe.

“Semoga ini akan terus berlanjut dan akan menjadi agenda tahunan RSB Siti Masyita dan BAZNAS Sigi, dalam membangun program kesehatan pemerintah,” terangnya.(**)