banggai
  • dinas pangan

Bupati Morowali Utara Membuka Pertemuan Penyuluh Keluarga Berencana dan Fokuskan Program Stunting

Penyuluh Keluarga Berencana
Bupati Morowali Utara, Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS, membuka kegiatan Pertemuan Lengkap Penyuluh Keluarga Berencana (PKB), Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) Tahun 2024. FOTO: DISKOMINFO MORUT

ELSINDO, MORUTBupati Morowali Utara, Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS, membuka kegiatan Pertemuan Lengkap Penyuluh Keluarga Berencana (PKB), Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) Tahun 2024. Acara ini berlangsung di Gedung Pesparawi Betelem pada Rabu, (31/01/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Delis menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada lebih dari 400 PKB, PLKB, dan Kader TPK yang hadir. Ia mengakui kontribusi besar mereka yang telah membawa Kabupaten Morowali Utara meraih anugerah Manggala Karya Kencana dari BKKBN Pusat pada Tahun 2023.

“Kami ucapkan terima kasih atas kerja keras dan dedikasi dari Bapak/Ibu PKB, PLKB, dan Kader TPK sehingga pada tahun 2023 lalu, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara dapat meraih penghargaan tertinggi di bidang KB yakni Manggala Karya Kencana,” ucap Bupati Delis.

Saat ini, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Daerah (DP2KBP3AD) sedang berupaya merealisasikan berbagai program, termasuk percepatan penurunan stunting, optimalisasi Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB), dan Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (BANGGA KENCANA).

Bupati Delis menyoroti peran vital PKB, PLKB, dan Kader TPK dalam mensukseskan program-program tersebut, yang kini menjadi prioritas BKKBN di tingkat Nasional. Ia berharap agar semua pihak dapat bersinergi untuk mencapai target penurunan angka stunting di Kabupaten Morowali Utara hingga satu digit.

“Apa yang Bapak/Ibu kerjakan ini adalah tugas yang sangat mulia. Biarlah kegiatan ini menjadi penyemangat kita untuk bekerja lebih baik lagi di tahun ini. Ketika kita semua bergandengan tangan, maka target yang akan kita capai pasti akan terwujud,” pungkas Bupati, disambut tepuk tangan dari seluruh peserta yang hadir.

Kepala DP2KBP3AD, Drs. Romelius Sapara, menekankan bahwa kegiatan ini sebagai sarana untuk membahas peran PKB/PLKB dan Kader TPK serta evaluasi realisasi pelaksanaan program penurunan stunting. Ia berharap komitmen bersama dapat terus dijaga dan dilaksanakan untuk memastikan berbagai program percepatan penurunan stunting di Kabupaten Morowali Utara berjalan sesuai rencana.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua TP-PKK Morowali Utara, Ny. Febriyanthi H.D.J Hehi, S.Si, Apt, yang memberikan arahan terkait penanganan dan pencegahan stunting kepada para PKB, PLKB, dan Kader TPK yang hadir. Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat eselon II lingkup Pemda Morowali Utara dan kepala OPD yang masuk dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS).(**)