banggai
  • dinas pangan

Bupati Sigi Ingatkan Bahaya Penambangan Pasir Dekat Jembatan, Camat Diminta Aktif Awasi

Bupati Sigi
Bupati Sigi, Mohamad Irwan berikan sambutan pada peresmian jembatan Sibalaya-Poi. FOTO: ELSINDO/ARISTON

ELSINDO, SIGIBupati Sigi, Mohamad Irwan menegaskan urgensi melarang aktivitas penambangan pasir di sekitar jembatan, sebagai bagian dari upayanya memastikan keamanan dan keberlanjutan infrastruktur.

Pernyataan ini disampaikan oleh Bupati Irwan saat meresmikan jembatan Sibalaya-Poi dan Sidondo-Deasi pada Senin, 29 Januari 2024.

Dalam sambutannya, Irwan menyoroti risiko yang mungkin timbul akibat kegiatan penambangan pasir yang terlalu dekat dengan struktur jembatan. Ia menilai bahwa hal ini dapat merugikan stabilitas jembatan serta memicu potensi kerusakan lingkungan.

Untuk memastikan implementasi larangan tersebut, Bupati Irwan meminta kepada para camat setempat untuk aktif mengawasi dan menegakkan kebijakan tersebut. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah daerah dalam menjaga kelestarian lingkungan dan infrastruktur yang telah dibangun.

“Tolong pak camat awasi penambang pasir disekitaran jembatan,” pesan bupati.

Bupati Irwan menekankan bahwa keamanan infrastruktur harus menjadi prioritas, dan melibatkan partisipasi aktif dari berbagai pihak termasuk masyarakat dan penegak hukum. Dengan adanya peringatan ini, diharapkan para penambang pasir dapat lebih memperhatikan dampak dari aktivitas mereka terhadap infrastruktur dan lingkungan sekitar.(ton)