banggai
  • dinas pangan
Daerah  

Empat Kwaran Ikut Kursus Mahir Dasar

Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Kulawi Selatan bekerja sama dengan Kwartir Cabang Sigi, melaksanakan Kursus Mahir Dasar (KMD), yang di buka  secara resmi  Sekretaris Umum Kwarcab Sigi Tondi Lembah Lamakarate. FOTO: IST

ELSINDO, SIGI– Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Kulawi Selatan bekerja sama dengan Kwartir Cabang Sigi, melaksanakan Kursus Mahir Dasar (KMD), yang di buka  secara resmi  Sekretaris Umum Kwarcab Sigi Tondi Lembah Lamakarate, mewakili ketua Kwarcab Sigi Mohamad Rizal Intjenae. Kursus tersebut berlangsung dari tanggal 28 – 01 Agustus 2023.

Kursus Mahir Dasar di ikuti 37 peserta yang berasal dari empat Kwaran yaitu, Kwaran Kulawi Selatan, Kwaran Pipikoro, Kwaran Kulawi, dan Kwaran Palolo. Kegiatan tersebut, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dasar peserta dalam kepramukaan, memperkuat semangat kebersamaan, serta meningkatkan pemahaman akan nilai-nilai pramuka.

Acara pembukaan yang bertempat di  Aula Kwarcab Sigi, berlokasi di SDN 2 Lawua Kecamatan Kulawi Selata itu, Sekum Kwarcab Sigi Tondi Lembah Lamakarate menyampaikan rasa terima kasih atas kerjasama yang baik, antara Kwartir Ranting Kulawi Selatan dan Kwartir Cabang Sigi, dalam menyelenggarakan kursus ini. Dirinya juga berharap, agar kursus ini dapat memberikan manfaat dan pengalaman berharga bagi semua peserta.

“Peserta KMD agar fokus dengan materi serta pelatihan yang diberikan oleh pembina, dengan demikian akan menjadi modal tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga nantinya dapat dibagi ke Kwarannya masing masing,” harap Ka Tondi yang akrab di sapa.

Kursus Mahir Dasar (KMD) lanjutnya, melibatkan berbagai kegiatan, termasuk latihan keterampilan dasar kepramukaan, kegiatan alam terbuka, kegiatan sosial, dan pembentukan karakter kepemimpinan. Peserta diharapkan dapat aktif berpartisipasi dalam seluruh rangkaian acara agar tujuan dari kursus ini dapat tercapai dengan baik.

Acara pembukaan tersebut dihadiri sejumlah tokoh dikepramukaan, termasuk perwakilan dari Kwartir Ranting Kulawi Selatan dan Kwartir Cabang Sigi, serta para instruktur dan panitia penyelenggara. Semua pihak berharap agar kursus ini dapat berjalan lancar dan sukses sesuai dengan rencana.

Dengan dibukanya Kursus Mahir Dasar ini, diharapkan peserta akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru yang nantinya dapat mereka aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kegiatan-kegiatan pramuka di masing-masing Kwaran.(**)