• dinas pangan

Hadiri Perayaan Natal Oikumene, Wabup Sigi Ajak Warga Jaga Toleransi

Wakil Bupati Sigi, Samuel Y Pongi, bersama Wakil Ketua TP-PKK, Roro Istanti Pongi hadiri Perayaan Natal Tahun 2023 di Persekutuan Oikumene Umat Kristiani BTN Kelapa Mas Permai FOTO: IST

ELSINDO, SIGI- Wakil Bupati Sigi, Samuel Y Pongi, bersama Wakil Ketua TP-PKK Roro Istanti Pongi hadir memeriahkan Perayaan Natal Tahun 2023 di Persekutuan Oikumene Umat Kristiani BTN Kelapa Mas Permai, pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Samuel Y Pongi mengucapkan selamat merayakan Natal 2023 serta menyambut tahun baru 2024. Dengan harapan bahwa melalui perayaan Natal ini, semangat toleransi antarumat beragama di Kabupaten Sigi dapat terus terjaga dan terjalin dengan baik.

“Waktu perayaan Natal seperti ini memberikan peluang bagi kita untuk merenungkan nilai-nilai toleransi dan saling penghormatan. Mari kita terus memperkuat hubungan yang baik antarumat beragama demi terciptanya kedamaian di tengah-tengah perbedaan,” ujar Samuel Y Pongi.

Lebih lanjut, Wabup juga mengutarakan harapannya terhadap peran yang diemban oleh RT, RW, dan Dusun dalam konteks tahun politik saat ini, dengan aspirasi agar mereka dapat berperan secara efektif.

Ia juga tidak melewatkan kesempatan untuk menyampaikan program-program pemerintah daerah, termasuk program sosial Masagena dan pembangunan infrastruktur. Samuel Y Pongi menegaskan bahwa program-program tersebut akan terus dilanjutkan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Anggota DPRD Sigi, Sumi Amd, juga turut hadir dalam perayaan Natal ini, menunjukkan dukungan dari para pemangku kepentingan dalam acara keagamaan dan kebersamaan masyarakat.

Ibadah perayaan Natal dipimpin oleh Pendeta Yandri Walean STh, dengan pembacaan Alkitab Lukas 2 ayat 14 sebagai bagian dari rangkaian kebaktian. Dalam khotbahnya, Pendeta Yandri mengungkapkan pesan tentang pentingnya penghormatan, pujian, serta pengabdian kepada Tuhan.

Tak hanya sebagai momen keagamaan, perayaan Natal ini juga menunjukkan kepedulian Oikumene Umat Kristiani BTN Kelapa Mas Permai terhadap sesama. Hal ini tercermin melalui kegiatan pembagian diakonia Natal kepada lansia, yang telah menjadi tradisi dan wujud nyata dari semangat kebersamaan dalam menjalankan ajaran agama.

Tidak hanya dihadiri oleh komunitas Kristiani, perayaan ini juga memperlihatkan inklusivitas dengan kehadiran saudara Muslim serta tokoh-tokoh masyarakat setempat seperti ketua RT, RW, dan Dusun. Semangat kebersamaan lintas agama dan lapisan masyarakat menjadi salah satu pesan kuat dari perayaan Natal tersebut.

Perayaan Natal di Kabupaten Sigi tahun ini bukan sekadar peristiwa keagamaan, melainkan juga momentum untuk memperkokoh jalinan toleransi, kebahagiaan bersama, serta semangat saling menghargai di tengah perbedaan.(**)