banggai
  • dinas pangan

Harga Bawang Merah Tembus Rp50 Ribu Perkilogram

bawang merah
Kondisi harga bawang merah yang kini mengalami kenaikan di tingkat pengecer di Pasar Induk Tradisional (PIT) Kota Palu. FOTO : Fikri.

ELSINDO, PALU – Awal tahun, kondisi harga kebutuhan pokok di Kota Palu, khususnya terjadi pada komoditi bawang merah yang kini tembus di kisaran Rp50 ribu perkilogram.

Pantauan media Elsindo.id saat berada di Pasar Inpres Manonda Palu, Rabu, 17 Januari 2024. Para pedagang mengaku bahwa kenaikan disebabkan karena stok bawang merah yang kurang 

“Harga bawang merah yang sebelumnya Rp35-37 ribu perkilogram, sekarang naik jadi Rp50 ribu perkilogram,” ungkap Mazirah, salah satu pedagang di Pasar Inpres Manonda. 

Selain bawang merah, kenaikan juga terjadi pada tomat sayur yang harganya mencapai Rp20 ribu perkilogram. Padahal untuk harga normal tomat sayur berkisar Rp5-7 ribu perkilogram.

“Harga tomat sebelum Hari Natal memang sudah naik sekitar Rp10 ribu, lewat tahun baru merangkak naik lagi harganya. Bawang putih juga sekarang Rp40-45 ribu perkilogram,” ungkap Mazirah. 

Namun, berbanding terbalik dengan cabai rawit merah yang kini turun menjadi Rp50 ribu perkilogram. Sebelumnya untuk harga cabai rawit merah melonjak hingga Rp150 ribu perkilogram.

Begitu pula cabai rawit hijau berkisar antara Rp40-45 ribu perkilogram. Sama halnya dengan cabai keriting yang juga mengalami penurunan harga Rp40 ribu perkilogram.

Sementara untuk harga gula pasir masih bertahan di angka Rp17-18 ribu perkilogram. Sedangkan, telur ayam berbagai ukuran juga bertahan di kisaran Rp45-60 ribu perkilogram.

Minyak goreng kemasan bantal dijual Rp14 ribu per liter, minyak goreng kemasan bermerek harganya bervariasi antara Rp19 sampai Rp39 ribu. Sedangkan untuk beras Rp13 ribu/kg. (FA)