• dinas pangan

Hilal 1 Ramadan Terlihat di Desa Marana Donggala

Kakanwil Kemenag Sulteng, H. Ulyas Taha, saat menyampaikan sambutan usai memantau Hilal di Desa Marana Donggala Provinsi Sulteng. /FOTO: Humas

ELSINDO, DONGGALA– Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng, bersama BMKG Stasiun Geofisika Palu, Pengadilan Agama Donggala, berhasil melihat Hilal 1 Ramadhan 1444 H, di Desa Marana Kab. Donggala.

Pengadilan Agama Donggala menetapkan bahwa hilal terlihat berdasarkan perukyat dari BMKG Stasiun Geofisika Palu yang telah disumpah dengan menjelaskan bahwa hilal dapat terlihat melalui Teleskop pada pukul 18.33 wita, lama dilihat 2 menit dengan ketinggian 1 derajat, bertempat di gedung Menara Hilal BMKG di desa Marana Kec. Sindue, Rabu, 22 Maret 2023.

Kakanwil Kemenag Sulteng, H. Ulyas Taha mengatakan, pada kegiatan Rukyatul Hilal 1444 H / 2023 M, yang dilaksanakan oleh Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Sulteng bekerjasama dengan BMKG Stasiun Geofisika Palu.

Ulyas mengimbau, seluruh masyarakat Sulteng, menunggu hasil sidang itsbat dari Kemenag RI.

“Peristiwa Hilal ini adalah suatu hal yang unik dan pemantauan Rukyatul hilal ini, merupakan perintah syar’i untuk melakukannya sebagai kewajiban kita sebagai muslim,” kata Ulyas.

Ulyas mengungkapkan, hasil Hisab dan Rukyat ini akan dilaporkan ke Kemenag pusat, sebagai bahan penentuan 1 Ramadhan yang akan dibahas dalam sidang itsbat di Kemenag RI.

“Mari kita menjalankan ibadah puasa dgn persiapan yang baik fisik dan rohani untuk mendapatkan predikat muttaqin,” katanya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Biro Kesra Gubernur, Pengadilan Agama Sulteng, Pengadilan Agama Kab. Donggala, Lajnah Falakiah Madinatul Ilmi Dolo dan Kepala Kemenag Kab. Donggala, Ketua MUI Donggala.

Sementara itu, Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, telah mengumumkan bahwa pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Ketetapan ini disampaikan Menag dalam konferensi pers usai memimpin Sidang Itsbat (penetapan) Awal Ramadhan 1444. (*/AH)