• dinas pangan
Kota  

Kakanim Palu Sambangi BNNP Sulteng

KOORDINASI- Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I TPI Palu menyambangi Kantor BNN Provinsi Sulawesi Tengah, Kami, (11/1/2024). FOTO: IST

ELSINDO, PALU – Tingkatkan Kerjasama dalam Pengawasan Keimigrasian, Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I TPI Palu  menyambangi Kantor BNN Provinsi Sulawesi Tengah, Kami, (11/1/2024).

Kerjasama pengawasan keimigrasian antar instansi pemerintahan merupakan kolaborasi lintas sektor di dalam suatu negara untuk memperkuat pengelolaan dan pengawasan terhadap masalah imigrasi.

Dalam hal ini Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu tingkatkan kerjasama dengan BNN Provinsi Sulawesi Tengah yang juga tergabung dalam tim pengawasan orang asing.

Didampingi jajaran, Kakanim Palu, Soeryo Tarto Kisdoyo, berkunjung langsung ke Kantor BNN Provinsi Sulawesi Tengah guna meningkatkan pengawasan terhadap aktifitas orang asing yang ada di Sulawesi Tengah agar sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Tim disambut langsung oleh Kepala BNN Provinsi Sulawesi Tengah, Brigadir Jenderal Polisi Monang Situmorang, S.H., M.Si. Kepala BNN menyambut baik kunjungan dari Kantor Imigrasi Palu dan berharap kedepannya kerjasama yang terjalin dapat semakin ditingkatkan demi terciptanya penegakan hukum keimigrasian di wilayah Sulawesi Tengah khususnya di wilayah kerja Kantor Imigrasi Palu.

Kerjasama antar instansi pemerintahan memiliki dampak positif pada keamanan nasional, ketertiban masyarakat, serta perlindungan hak-hak individu. Koordinasi yang baik antara berbagai sektor pemerintahan memungkinkan identifikasi dini terhadap potensi risiko keamanan, mengurangi celah-celah dalam sistem pengawasan, dan mempercepat respon terhadap tantangan yang muncul akibat keberadaan orang asing.

Pentingnya kerjasama antar instansi pemerintahan dalam pengawasan keimigrasian tidak hanya memperkuat kapasitas negara dalam mengelola lalu lintas orang asing yang masuk atau keluar wilayah Indonesia, tetapi juga meningkatkan kualitas layanan publik, menjamin keadilan, dan mempromosikan keamanan serta kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. (*)