• dinas pangan

Kwarcab Sigi Kembangkan Gerakan Pramuka di Lingkungan Madrasa, Pembina Dibekali Ilmu Pengetahuan

Ketua Kwarcab Kabupaten Sigi, Moh. Rizal Intjenae, secara resmi membuka Kursus Mahir Dasar (KMD). FOTO: IST

ELSINDO, SIGI– Dalam upaya untuk mengembangkan dan memajukan gerakan Pramuka di lingkungan Madrasah dan sekolah sederajat di Kabupaten Sigi, Ketua Kwarcab Kabupaten Sigi, Moh. Rizal Intjenae, secara resmi membuka Kursus Mahir Dasar (KMD), bertempat di Aula Kantor Kemenag Sigi Desa Maku Kecamatan Dolo Jumat, 25 Agustus 2023.

Kursus tersebut memiliki tujuan untuk membekali para pembina, dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membina gugus depan yang berkualitas.

Moh. Rizal Intjenae dalam amanahnya menekankan, pentingnya peran para pembina dalam mengarahkan dan membina generasi muda menjadi individu yang berkarakter dan berkompeten. Rizal menjelaskan bahwa, Kursus Mahir Dasar ini merupakan langkah awal yang penting dalam mempersiapkan para pembina, agar mampu memberikan pengajaran yang efektif dan inspiratif kepada para anggota pramuka di lingkungan Madrasah dan sekolah sederajat.

“Kita sebagai pembina harus aktif dalam mengikuti kursus ini, karena ilmu dan keterampilan yang akan kita peroleh akan menjadi bekal berharga dalam membina generasi penerus kita”terangnya.

Dengan pengetahuan yang lebih tentang prinsip-prinsip pramuka, maka dapat menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan karakter dan kepemimpinan yang tangguh pada para anggota pramuka.

Kursus ini lanjutnya, akan melibatkan berbagai materi pembelajaran yang mencakup aspek kepemimpinan, keterampilan bertahan di alam bebas, pertolongan pertama, serta pengetahuan dasar tentang pramuka. Para peserta kursus diharapkan dapat menerapkan dan membagikan pengetahuan yang diperoleh kepada anggota pramuka di masing-masing madrasah dan sekolah.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Kwarcab Kabupaten Sigi juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung perkembangan gerakan Pramuka di wilayah Sigi. Dengan kerjasama yang kuat antara para pembina, siswa, orang tua serta pihak terkait, gerakan Pramuka di lingkungan Madrasah dan sekolah sederajat, diharapkan dapat semakin maju dan memberikan dampak positif bagi pembentukan karakter generasi muda.

Pembukaan Kursus Mahir Dasar ini kata Moh Rizal  Intjenae yang juga ketua DPRD Sigi ini, telah menciptakan semangat kebersamaan dan komitmen yang tinggi untuk mewujudkan pramuka yang lebih kuat dan berkualitas di Kabupaten Sigi.

“Dengan penekanan pada peran penting para pembina dalam proses ini, diharapkan gerakan pramuka akan terus tumbuh dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat serta bangsa,” tutupnya.(**)