banggai
  • dinas pangan

Lima Tips Sehat Selama Musim Hujan

Tips
Ilustrasi /FOTO:IST

ELSINDO- Musim hujan membawa risiko berbagai penyakit yang dapat menjangkit masyarakat. Untuk itu, tindakan pencegahan sangat penting.

Beberapa langkah yang dapat diambil antara lain: Pertama, Menggunakan Pakaian Hangat: Menjaga suhu tubuh dengan menggunakan pakaian hangat dapat membantu melindungi dari risiko penyakit.

Kedua, Sedia Payung atau Jas Hujan: Ketika beraktivitas di luar ruangan, pastikan selalu membawa payung atau jas hujan untuk melindungi diri dari hujan yang dapat memicu penyakit.

Ketiga Menjaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan: Hindari sarang nyamuk dengan menjaga kebersihan rumah dan tempat-tempat lain yang mungkin menjadi tempat perkembangan nyamuk.

Keempat Konsumsi Makanan Bergizi dan Vitamin: Meningkatkan asupan makanan bergizi serta rutin mengkonsumsi vitamin dapat memperkuat sistem imun tubuh.

Kelima Mandi Setelah Kehujanan:Mandi setelah kehujanan dapat membantu membersihkan kuman atau bakteri yang mungkin menempel pada tubuh.

Dengan menerapkan lima tips sehat ini, masyarakat dapat lebih siap dan sehat menjalani aktivitas di musim hujan. Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, dan segera konsultasikan gejala penyakit kepada fasilitas kesehatan terdekat untuk penanganan yang cepat dan tepat.

Selain itu, Penyakit Penyerta Musim Hujan yang Perlu Diwaspadai Meliputi :
– Diare
– Demam Berdarah Dengue
– Leptospirosis
– Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA)
– Penyakit Kulit
– Penyakit Pencernaan

Waspada dan pahami gejala-gejala ini untuk mendapatkan penanganan yang tepat waktu dari petugas kesehatan. (**)