• dinas pangan

Menkes Langsung Sahuti Permintaan Tambahan Alat RSUD Undata

Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin, saat kunjungan kerja ke RSUD Undata Sulteng, baru-baru ini. /FOTO:IST

ELSINDO, PALU- Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin, didampingi Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr. Maria Endang Sumiwi, melakukan kunjungan kerja di Kota Palu.

Dalam kunjungannya, Menkes RI, Budi bersama rombongan meninjau kelengkapan fasilitas pelayanan dan alat kesehatan yang ada di Puskesmas Bulili dan RSUD Undata Kota Palu.

“Alhamdulillah semua bantuan dari pusat sudah digunakan, hanya saja ada beberapa bantuan masih sementara proses seperti gedung radioterapi, memang sedikit lambat. Karena pekerjaannya ini agak berat, sebab alatnya beda, sehingga alat yang ada sementara ini baru mau dipasang,” kata Direktur RSUD Undata Provinsi Sulteng, drg. Herry Mulyadi, di ruang kerjanya, Senin, 8 Januari 2023.

Selain itu, kata Herry, RSUD Undata juga meminta kepada pak Menkes RI, beberapa tambahan peralatan antara lain ventilator, USG, mammogram alat pendeteksi kanker payudara, dan beberapa alat. Pihaknya bersyukur pak Menkes langsung sahuti permintaan alat tersebut.

“Saat ini RSUD Undata memiliki beberapa layanan unggulan di antaranya Layanan Onkologi Ginekologi, Pelayanan Bedah Jantung, Bedah Saraf, Pelayanan Ginjal dan Hipertensi, serta Bedah Urologi ESWL (Tembak Batu Ginjal). Olehnya itu, sebagai Rumah Sakit Rujukan Nasional, Menkes ingin memastikan seluruh aspek layanan mulai dari ketersediaan alat kesehatan, kelayakan fasilitas, hingga kebutuhan SDM kesehatan terpenuhi dengan baik. Sehingga, pasien yang datang berobat dapat ditangani hingga tuntas di RSUD Undata Kota Palu tanpa perlu dirujuk lagi ke luar provinsi,” ujarnya.

Kata Herry, ada sekitar 18 dokter di RSUD Undata, mendapatkan beasiswa terkait peningkatan kompetensi, karena SDM ini sangat penting.

Sementara itu, Menkes Budi harap, masyarakat Palu yang mengidap penyakit strok, kanker, ginjal kalo bisa nggak perlu dirujuk sampai ke Makassar. “Upayakan selesaikan pengobatannya cukup sampai di RSUD Undata saja supaya tidak menyulitkan pasien,” katanya.

Menkes Budi menilai, ketersediaan SDM Kesehatan di RSUD Undata sudah cukup memadai, tetapi jumlah dokter spesialis tetap perlu diperbanyak. Selain itu, RSUD Undata perlu menambah kompetensi para perawatnya supaya dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Kota Palu.

“Kalau saya lihat di sini dokter dan perawatnya sudah ada, tinggal jumlah dokter spesialisnya diperbanyak, dan para perawatnya diberi pelatihan kompetensi tambahan, supaya dapat melayani masyarakat dengan maksimal. Jika sudah, nanti kami akan bantu pemenuhan kebutuhan alatnya,” kata Menkes Budi.(*/del)