• dinas pangan
Kota, Utama  

Novalina Dilantik Jabat Sekdaprov Sulteng, Gubernur Rusdi Mastura ke Singapura

PELANTIKAN- Dra Novalina MM, akhirnya dilantik menjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulteng oleh Wakil Gubernur Drs H. Ma'mun Amir, di Palu, Selasa 31 Januari 2023. FOTO: IST

ELSINDO, PALU- Dra Novalina MM, akhirnya dilantik menjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulteng. Ia dilantik oleh Wakil Gubernur Sulteng, Drs H. Ma’mun Amir, di Palu, Selasa 31 Januari 2023.

Dalam kesempatan ini, Ma’mun mengaku sejatinya Gubernur Rusdi Mastura yang akan melakukan pelantikan. Namun hal ini tidak bisa terwujud karena gubernur sedang perjalanan ke Singapura.

“Semula beliau (gubernur) yang akan melantik, tapi karena sedang cek up ke Singapur, sehingga meminta saya untuk melantik (Novalina),” ucap Ma’mun.

Kata dia, pelantikan Novalina telah melalui prosedur aturan yang berlaku dan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 146/TPA Tahun 2022 tentang pengangkatan pejabat pimpinan tinggi madya di lingkungan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yang ditetapkan pada 1 Desember 2022.

“Dengan menduduki jabatan baru ini, semoga saudari semakin giat lagi dalam bekerja dan membaktikan diri sebagai aparatur sipil negara,” ujar Wagub.

Ma’mun berharap momentum ini dapat menjadi penyegar dan penyemangat bagi seluruh ASN di lingkungan Provinsi
Sulawesi Tengah, agar supaya fungsi-fungsi pemerintahan, pembangunan, pelayanan publik dapat terlaksana dengan baik dan optimal.

“Selamat bekerja kepada sekretaris daerah yang baru. Semoga amanah ini dapat dilaksanakan dengan baik demi tercapainya Visi-Misi dan program kebijakan Gerak Cepat menuju Sulawesi Tengah yang Lebih Sejahtera dan Lebih Maju,” tandas Wagub.

Sebelum bertugas di Sulteng, Novalina Wiswadewa, kelahiran Donggala, 27 September 1969, mengabdikan diri di Lombok, Nusa Tenggara Barat, selama 15 tahun. Ia mengikuti suaminya yang bertugas di sana selepas dari Akademi Pemerintahan Dalam Negeri.

Sepindahnya ke Palu, Novalina sempat menjadi Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan pada 2009-2010.

Saat Drs. H. Longki Djanggola, M.Si menjadi Gubernur, Novalina diberi amanah menjadi Sekretaris Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Sulteng pada 2015-2018.

Pada 2018-2019, ia diangkat menjadi Kepala Biro Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Sulteng. Kemudian, pada 2019-2022 ia diberi amanah menjadi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sulteng.

Jabatan terakhir Novalina sebelum dilantik menjadi Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, yaitu Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah. (CHL)