banggai
  • dinas pangan

Sekdisdikbud Palu Pantau Pelaksanaan US di SMPN 22 Palu

Pantau
Sejumlah siswa SMPN 22 Palu, saat mengikuti US, Selasa, 14 Mei 2024. (FOTO:ISTIMEWA)

ELSINDO, PALU– Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Sekdisdikbud) Palu, Evie Oktavia, memantau langsung pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di SMP Negeri 22 Palu.

Kehadiran Sekdis tersebut didampingi oleh Widyaprada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Hj Salmi Lamandego, dan dua orang pengawas, Selasa, 14 Mei 2024.

Rombongan Tim Monitoring ini disambut oleh Kepala SMPN 22 Palu, Ninik Yuliati sekaligus mengantar para pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu itu melihat langsung kondisi pelaksanaan ujian di dua ruangan yang ditempati 38 peserta didik di sekolah ini.

Dimana pelaksanaan US di sekolah ini masih menggunakan kertas, disebabkan karena keterbatasan fasilitas dan jaringan internet. “Kita di sekolah ini sejak berdirinya 2009 hingga saat ini ujian masih menggunakan kertas, karena masih terkendala fasilitas dan jaringan,” kata Ninik.

Di sisi lain, karena masih menggunakan kertas maka kendala-kendala seperti jaringan dan aliran listrik yang kerap dialami oleh sekolah-sekolah, yang sudah menerapkan IT dalam proses pelaksanaan ujian tidak dialami sekolah ini.

Namun, kata Ninik, bukan berarti pihak sekolah tidak penerapkan sistem pengamanan dan kerahasiaan kertas soal.

“Kerahasiaanya tetap terjaga, begitu juga anak-anak saat ujian juga mendapatkan pengawasan ketat dari para pengawas, bahkan dilarang membawa alat komunikasi saat masuk di ruangan ujian,” ujarnya.

Termasuk, kata Ninik, tidak ada yang bisa masuk ke dalam ruangan saat pelaksanaan ujian terkecuali hanya peserta ujian dan pengawas ruangan. (*/del)