• dinas pangan

SMPN 4 Palu Komitmen Menjadi Sekolah Sehat

Smpn 4 palu
Kepala SMPN 4 Palu, Hj. Farida Batjo. (FOTO: FADEL ELSINDO)

ELSINDO, PALU- SMP Negeri 4 Palu, baru-baru ini menggelar Gebyar Sekolah Sehat (GSS). Kegiatan ini, dilaksanakan oleh Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulteng, yang merupakan bagian dari program nasional dan wajib disosialisasikan kepada pemerintah daerah, satuan pendidikan, mitra, dan stakeholder.

Kepala SMP Negeri 4 Palu, Hj. Farida Batjo mengatakan, memang salah satu sekolah binaan sehat itu di tahun 2024 adalah SMPN 4 Palu, dan BPMP Sulteng, juga sudah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu.

“Terkait sekolah sehat tentunya kami harus berkomitmen, dan harus terukur dengan bersihnya, disiplinya, tertibnya, kemudian yang harus dijaga lingkungan kelas, bahkan hingga tolietnya. Semua ini harus dijaga kebersihanya, tentunya hasil dari kerja keras kita selama ini membuahkan hasil baik,” kata Farida, di ruang  kerjanya, Rabu, 29 Mei 2024.

Farida menegaskan, SMPN 4 Palu berkomitmen menjadi sekolah sehat, sehingga nantinya akan dilirik oleh masyarakat Kota Palu.

“Kami menunggu anak-anak yang bertalenta untuk masuk di SMPN 4 Palu, dan kami siap untuk berkolaborasi dengan orangtua siswa,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Hardi menyampaikan, bahwa pendidikan adalah fondasi utama dalam membangun generasi penerus bangsa yang cerdas, berakhlak mulia, dan memiliki kesehatan yang prima.

“Oleh karena itu, GSS sangat penting dan strategis dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan di satuan-satuan pendidikan,” katanya.

Menurutnya, tujuan GSS adalah, untuk memastikan bahwa setiap anak, mendapatkan lingkungan belajar yang sehat dan kondusif.

“Sehat tidak hanya dalam arti fisik, tetapi juga sehat secara mental dan sosial,” ungkapnya.

Melalui GSS, kata Hardi, pemerintah mendorong penerapan pola hidup sehat sejak dini, yang tentunya akan berdampak positif pada perkembangan anak-anak. Karena, kesehatan yang baik akan mempengaruhi prestasi belajar dan kualitas hidup di masa depan.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Palu, Hj. Diah Puspita, S.AP menekankan agar kegiatan GSS bukan hanya sekedar sosialisasi.

“Tapi diharapkan seluruh sekolah di Kota Palu betul-betul menerapkannya,” tekan Ketua TP-PKK Kota Palu.

Kegiatan yang juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr. Rochmat Jasin, dirangkaikan dengan penandatangan komitmen bersama melaksanakan program GSS di Kota Palu.

Penandatanganan komitmen bersama, dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ketua TP-PKK Kota Palu, dan perwakilan kepala sekolah. (del)