• dinas pangan
Daerah  

Sigi Tingkatkan SDM Lewat Program Unggulan

Bupati Sigi tampil sebagai Narasumber dalam acara Program Tamu Kita bersama TVRI Sulteng. FOTO: IST

ELSINDO, SIGI– Bupati Sigi, Mohamad Irwan mengungkapkan, SDM di sektor pendidikan dan  kesehatan di Kabupaten Sigi mengalami peningkatan lewat program rutin dan juga adanya program unggulan.

Mohamad Irwan mengatakan, di bidang pendidkan mengalami peningkatan dengan indikator Rata-rata Lama Sekolah: 8,84 (ranking 6 se-Sulteng) dan Harapan Lama Sekolah: 12,97 (ranking 7 se Sulteng.

Sedangkan sektor Kesehatan mengalami peningkatan dengan indikator usia harapan hidup 70,15 (ranking 4 se-Sulteng).

“Peningkatan kualitas SDM ini dilakukan selain melalui program rutin juga adanya program unggulan,” ujarnya saat tampil sebagai Narasumber dalam acara Program Tamu Kita bersama TVRI Sulteng, di studio Kantor TVRI Sulteng, Kota Palu. Rabu, 21 Juni 2023.

Dijelaskan, di bidang pendidiakan Pemkab Sigi melanjutkan pemberian beasiswa bagi siswa yang berprestasi, masyarakat ekonomi lemah, dan pemberian beasiswa pendidikan dokter 1 kecamatan 1 dokter.

Kemudian melanjutkan program kesehatan gratis melalui kartu Sigi masagena, pelayanan kesehatan ambulance gratis  1 kali 24 jam, dan mobil jenazah di kecamatan yang belum terpenuhi.

Berikut melanjutkan pemberian insentif tenaga guru, tenaga kesehatan dan PNS non guru/kesehatan di daerah terpencil dan sangat terpencil, serta pemberian fasilitas rumah dinas dan kendaraan bermotor.(ton)

Dikesempatan itu juga Bupati Sigi menyampaikan kondisi infrastruktur baik jalan, irigasi maupun air  bersih pasca bencana saat ini sebagian telah dilakukan rehabilitasi dan rekonstruksi baik pada kewenangan kabupaten, provinsi maupun pusat.

“Namun sebagian masih dalam proses pengerjaan seperti Irigasi Gumbasa, Jalan Sadaunta-Lindu, Jalan Kalawara-Kulawi, Tangarawa – Dombu. Sementara ruas jalan Gimpu-Peana-Kalamanta-Batas Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan masih diperjuangan lewat APBN, dan juga ruas jalan Kulawi-Banggaiba-Lalundu, serta Manggalapi-Sausu,” jelasnya.(**)