banggai
  • dinas pangan

UIN Datokarama Palu Ketambahan Guru Besar

UIN Datokarama Palu
Rektor UIN Datokarama Palu, Profesor Lukman S Thahir (kanan) bersama Doktor Hamlan.

ELSINDO, PALU– Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu Sulawesi Tengah, menandai awal tahun 2024 dengan penambahan satu Guru Besar di bidang Pendidikan Agama Islam, Selasa, 16 Januari 2024. Dr. Hamlan M.Ag berhasil meraih posisi tersebut, mengukuhkan mimpi yang telah direncanakan oleh UIN Datokarama Palu.

Rektor UIN Datokarama Palu, Profesor Lukman S Thahir, menyambut kabar gembira ini dengan ucapan syukur. Pernyataan beliau merupakan respons terhadap surat undangan dari Kementerian Agama, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, mengenai Penyerahan Keputusan Menteri Agama (KMA) Guru Besar.

Menurut Rektor, penambahan Guru Besar ini tidak hanya menjadi prestasi pribadi, tetapi juga memotivasi seluruh komponen civitas akademik UIN Datokarama Palu. Penyerahan KMA Guru Besar dijadwalkan pada Kamis, 18 Januari 2024, di Ruang Rapat Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama di Jakarta.

“Ini menjadi pemantik bagi dosen-dosen lain, karena kita targetkan selama empat tahun ke depan, lima hingga tujuh dosen akan menjadi guru besar,” ungkapnya.

Rektor UIN Datokarama Palu juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Dirjen Pendis, dan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam atas dukungan terkait penambahan Guru Besar di UIN Datokarama.

Meskipun UIN Datokarama Palu sudah memiliki sembilan Guru Besar pada tahun 2023, dengan penambahan Dr. Hamlan, jumlahnya kini mencapai 10 orang. Namun, tiga dari 10 Guru Besar tersebut tengah mengabdi di perguruan tinggi lain di Indonesia, menunjukkan kontribusi dan pengakuan keberhasilan UIN Datokarama Palu dalam dunia akademik.(*/ton)